PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI AL-FATAH LAMPUNG SELATAN

SULIDA, SULIDA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI AL-FATAH LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (873kB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI AL-FATAH LAMPUNG SELATAN OLEH Sulida Permasalahan yang melatar belakangi penelitian iyalah masih rendahnya aktivitas belajar peserta didik kelas VA MI Al-Fatah Lampung Selatan. Oleh sebab itu, peneliti berupaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model course review horay sebagai model pembelajaran. Model course review horay adalah bagian dari sebuah model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningngkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VA di MI Al-Fatah Lampung Selatan melalui penerapan Model Pembelajaran Course Riview Horay. Penelitian yang dilakukan penulis ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus tahapannya ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Oleh karena itu, data penelitian ini diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil pelaksanaan yang dilakukan ataupun data tentang gambaran kondisi kelas. melakukan proses tindakan persiklusnya. Hasil penelitian dapat kita lihat dari adanya peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model course review horay sebagai model pembelajaran. Pada siklus I pertemuan III rata-rata aktivitas belajar peserta didik 57,916%. Peserta didik yang mencapai ketuntasan 9 peserta didik dengan persentase 37,5%, sedangkan peserta didik yang belum tuntas mencapai 15 peserta didik dengan persentase 62,5%. Pada siklus II pertemuan III rata-rata aktivitas belajar peserta didik 80%. Peserta didik yang mencapai ke tuntasan 22 peserta didik dengan persentase 91,67% sedangkan yang belum tuntas 2 peserta didik dengan persentase 8,33%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model course review horay sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VA MI Al-Fatah Lampung Selatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:08
Last Modified: 28 Apr 2021 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item