PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

NUR, AINI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Nur Aini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Cocept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Confidence Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Oleh: Nur Aini 1611060024 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep dan self confidence peserta didik yang masih terlihat rendah. Selama ini pendidik hanya menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu teacher center dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kotaagung masih kurang dalam kemampuan pemahaman konsep dan self confidence. Metode penelitian yang digunakan adalahquasi eksperimen design dengan design Post-test only control design. Sampel penelitian adalah menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen yaitu kelas XI D dan kelas kontrol yaitu kelas XI H, teknik sampling yang digunakan yaitu secara random. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket self confidence yang dinyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, penelitian yang dihitung dengan uji-t dari hasil posttest pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 79,54 dan kelas eksperimen sebesar 84,51 memperoleh thitung> ttabel (2,736 > 1,996) dan persentase angket rata-rata kelas kontrol sebesar 75,48 dan kelas eksperimen sebesar 84,77 memperoleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (2,763 > 1,996) dengan α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima artinya terdapat pengaruh model concept attainment terhadap pemahaman konsep dan Self-confidence peserta didik. Kata kunci :model pembelajaran concept attainment, pemahaman konsep, self confidence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:01
Last Modified: 28 Apr 2021 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14011

Actions (login required)

View Item View Item