PERMAINAN ENGKLEK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK 5-6 TAHUN DI PAUD KARTINI JATI MULYO LAMPUNG SELATAN

BINARTI, Johan Syah (2021) PERMAINAN ENGKLEK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK 5-6 TAHUN DI PAUD KARTINI JATI MULYO LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (30MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BINARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi masalah oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok TK-B Paud Kartini Jati Mulyo Lampung Selatan. Siswa yang dikatakan tuntas dalam mengenal bentuk geometri hanya 15%. Masalah yang akan diteliti yakni, tentang penggunaan media Engklek Geometri dan peningkatan mengenal bentuk geometri setelah menggunakan media Engklek Geometri bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Engklek Geometri bentuk geometri dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Engklek Geometri dan menghasilkan bahan ajar berupa media Permainan Engklek Geometri yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar pendidik di PAUD KARTINI Jati Mulyo Kec Jati Agung Lampung Selatan. Metode yang digunakan yakni Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model Model Kemis dan Mc Tanggart yang terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I, siklus II. Penelitian ini terdapat 4 tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 3 hari atau 3x pertemuan. Subjek anak kelompok B Paud Kartini Jati Mulyo Lampung Selatan yang berjumlah 20 orang, Objek permainan Engklek Geometri dapat meningkatkan kemampuan Kognitif anak dalam mengenal geometri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja, dokumentas, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa menghasilkan produk berupa media Engklek Geometri yang dihasilkan dalam penelitian meningkatkan ini dinyatakan layak digunakan sebagai penunjang bahan ajar. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 62,25 dengan prosentase 50%, pada siklus II nilai rata- rata siswa85,5 dan prosentase 90% hal itu dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan permainan Engklek Geometri dapat meningkatkan kemampuan Kognitif anak dalam mengenal geometri. Kata Kunci: Permainan Engklek Geometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:01
Last Modified: 27 Apr 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item