ANALISIS MAQASHID SYARIAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 18 UU No. 23/2011 TENTANG SYARAT-SYARAT MENJADI AMIL ZAKAT (Studi di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu)

Anisa, Meilia (2021) ANALISIS MAQASHID SYARIAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 18 UU No. 23/2011 TENTANG SYARAT-SYARAT MENJADI AMIL ZAKAT (Studi di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Anisa Meilia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Anisa Meilia.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia, Undang-Undang Zakat telah disahkan. Tetapi dalam praktiknya belum ada pengambilan zakat yang dilaksanakan berdasarkan peraturan perundangan lainnya atau menurut Peraturan Pemerintah. Lagi pula ketentuan itu memiliki kelemahan terutama pada pasal 18 UU No.23/2011. Oleh karena itu sekelompok orang dan lembaga berinisiatif untuk mengajukan permohonan terkait pembentukan Amil Zakat ke Mahkamah Konstitusi untuk mengadakan judicial review. Mahkamah Konstitusi selanjutnya mengeluarkan Judicial review terhadap Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Syarat-syarat Menjadi Amil Zakat yang diajukan oleh pemohon bertentangan dengan pasal 28 C ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945, pasal 28 D ayat (1) Undang-Undang 1945, pasal 28 E ayat (2) dan ayat (3) dan pasal 28 H ayat (2) dan (3) Undang-Undang Dasar 1945. Setelah judicial review hanya satu permohonan dari beberapa permohonan yang dikabulkan oleh MK yaitu pasal 18 Undang-Undang No.23 Tahun 2011. Dan berdasarkan hasil putusan tersebut apakah sudah sesuai dengan nilai-nilai Maqashid Syariah terkait dengan Syarat�syarat Menjadi Amil Zakat. Berdasarkaan latar belakang diatas rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Pertama, Bagaimana Implementasi Pasal 18 UU No. 23 Tahun 2011 di kalangan masyarakat khususnya di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu ? Kedua, Bagaimana praktek penerapan pasal 18 UU No.23/2011 jika dikaji melalui Maqashid Syariah ?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pasal 18 UU No.23 Tahun 2011 di kalangan masyarakat Khususnya Pengelola Zakat di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu serta untuk mengetagui bagaimana praktek penerapan tersebut jika dikaji melalui perspektif Maqashid Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini termasuk Jenis penelitian lapangan (field research), Sedangkan Sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif (penggambaran). Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian dengan mengumpulkan data-data yang disusun, dijelaskan, dipresentasikan dan kemudian disimpulkan. Hasil dari penelitian ini terkait Implementasi Pasal 18 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Syarat-syarat Menjadi Amil Zakat yang dilaksanakan di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu secara umum sudah berjalan menuruti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan peraturan yang berlaku, Hal ini didukung oleh sejumlah fakta sebagaimana tertuang dalam Pasal 18 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 selaras dengan prinsip-prinsip maqashid syariah khususnya dalam rangka mencapai maksud menjaga kepentingan agama, menjaga kepentingan jiwa dan dan menjaga kepentingan harta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:10
Last Modified: 27 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item