PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, BUDAYA MADRASAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN JEPARA

MUALIMUL, HUDA (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, BUDAYA MADRASAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN JEPARA. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 2. COVER, BAB 1, BAB 2, DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of 5. DISERTASI PENUH (KESELURUHAN).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pendidikan di Madrasah sangat ditentukan oleh seberapa baik kualitas kinerja guru dalam menjalankan tugas akademiknya. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah dan motivasi berprestasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah dan motivasi berprestasi guru terhadap mutu pendidikan Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Jepara. Penelitian ini juga untuk mengetahui efek mediasi variabel kinerja guru dan implikasinya pada peningkatan mutu pendidikan Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari guru, kepala madrasah dan komite Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Jepara. Data dikumpulkan melalui angket sebagai instrumen utama. Sampel dipilih dengan teknik cluster sampling sebanyak 202 responden. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) melalui confirmatory factor analysis (CFA) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan. Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah dan motivasi berprestasi guru terhadap mutu pendidikan madrasah melalui mediasi kinerja guru. Analisis model struktural dalam penelitian ini menunjukkan bahwa urutan faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah dan motivasi berprestasi guru. Analisis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa faktor kepemimpinan kepala madrasah memberikan kontribusi yang lebih dominan terhadap peningkatan mutu pendidikan madrasah. Hasil evaluasi model strukural menunjukan bahwa model memiliki relevansi prediksi yang baik dalam membentuk kinerja guru dan mutu pendidikan madrasah. Implikasi dari hasil penelitian ini bahwa, untuk meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan di Madrasah, diperlukan peningkatan kualitas implementasi variabel-variabel eksogen, baik secara terpisah maupun secara integratif. Kepemimpinan kepala madrasah dapat ditingkatkan melalui sistem seleksi yang tepat, pendidikan dan pelatihan, pembinaan dan evaluasi kinerja, pembagian tugas yang jelas serta menjalin kerjasama yang baik. Budaya madrasah dapat ditingkatkan melalui keteladanan, lingkungan madrasah yang religius, sosialisasi dan pemahaman visi, pola komunikasi dan interaksi yang baik, forum kolaborasi guru, serta memberikan apresiasi atau penghargaan. Motivasi berprestasi guru dapat ditingkatkan melalui penguatan motivasi spiritual, pendelegasian wewenang, pembinaan dan evaluasi, dukungan sarana dan prasarana madrasah, kompetisi yang sehat, pemberian insentif atau penghargaan dan pengembangan karir. Motivasi guru pada Madrasah dilandasi oleh semangat ibadah, pengabdian (khidmah) dan tanggung jawab sosial (mas’uliyyah ijtima’iyyah). Kata Kunci: Kepemimpinan, Budaya Madrasah, Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru, Mutu Pendidikan. viiABSTRACT The quality of education in Madrasah is highly determined by how well the quality of the teachers’ performance in carrying out academic duties. Teacher performance is influenced by many factors, including the leadership of madrasah principal, madrasah culture, and teachers’ achievement motivation. This research aimed to determine the direct or indirect effects of the leadership of madrasah principal, madrasah culture, and teachers’ achievement motivation on the quality of education at private Madrasah Aliyah in Jepara Regency. This research was also to determine the mediating effect of teacher performance variables and its implications for improving the quality of education at private Madrasah Aliyah in Jepara Regency. This research was conducted with a quantitative approach using a survey method. The population of this research consisted of teachers, principals, and committees from private Madrasah Aliyah in Jepara Regency. Data were collected through a questionnaire as the main instrument. Samples were selected by cluster sampling technique, totaling 202 respondents. Data were then analyzed using the Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS) through the confirmatory factor analysis (CFA) with SmartPLS 3.0 software. The results of the data analysis showed that there is a directly affect the leadership of madrasah principal, madrasah culture, and teachers’ achievement motivation on teacher performance both partially and simultaneously. There was an indirect effect of the leadership of madrasah principal, madrasah culture, and teachers’ achievement motivation on the quality of madrasah education through the mediation of teacher performance. The structural model analysis in this study showed that the order of factors that influence teacher performance is the leadership of madrasah principal, madrasah culture and the teacher's achievement motivation consecutively. The analysis of the indirect effect showed that the factor of the leadership of madrasah principal has a more dominant contribution to improving the quality of madrasah education. The structural model evaluation resulted that the model has a good predictive relevance in shaping teacher performance and the quality of madrasah education. The implication of this research is that to improve teacher performance and education quality at Madrasah, it is necessary to increase the quality of the implementation of exogenous variables, either separately or integratively. The leadership of madrasah principal can be improved through an appropriate selection system, education and training, coaching and performance evaluation, clear division of tasks, and establishing good cooperation. The Madrasah culture can be enhanced through exemplary, a religious madrasah environment, socialization and understanding of vision, good communication and interaction patterns, teacher collaboration forums, and giving appreciation or rewards. Teachers’ achievement motivation can be increased through strengthening spiritual motivation, the delegation of authority, coaching and evaluation, supporting madrasah facilities and infrastructure, healthy competition, the provision of incentives or rewards and career development. Motivation of teachers at Madrasah is based on the spirit of worship, devotion (khidmah), and social responsibility (mas'uliyyah ijtima'iyyah). Leadership, Madrasah Culture, Achievement Motivation, Teacher Performance, Quality of Education. viii Keywords:صخلم ءادأ رثأتي .ةييمداكلأا وماهم ذيفنت في ملعلدا ءادأ ةدوج ىدبم يربك دح لىإ ةسردلدا في ميلعتلا ةدوج ددحتت فدته .زانجلإا ىلع ملعلدا زيفتحو ةسردلدا ةفاقثو ةسردلدا ريدم ةدايق كلذ في ابم ، لماوعلا نم ديدعلاب ملعلدا ليصتح عفادو ، ةسردلدا ةفاقثو ، ةسردملل ةيسيئرلا ةدايقلل رشابلدا يرغ وأ رشابلدا يرثأتلا ديدتح لىإ ةساردلا هذى طيسولا يرثأتلا ديدتح لىإ اضً يأ ةسرا دلا هذى فدته .ةرابج ةقطنم في ايلعلا ةسردلدا في ميلعتلا ةدوج ىلع ملعلدا . يسنيجر ةرابج ةقطنم في ةصالخا ةسردلدا في ميلعتلا ةدوج ينستح ىلع اىراثآو ملعلدا ءادأ تايرغتلد ينملعم نم ةساردلا هذى في عمتلمجا فلأتي .حسلدا ةقيرط مادختساب يمك جهنبم ثحبلا اذى ءارجإ تم .ةيسيئر ةادأك نايبتسا للاخ نم تانايبلا عجم تم .يسنيجر ةرابج ةقطنم في ةصاخ ايلع ةسردم نالجو يريدمو نم ثحبلا تانايبل ليلتح ءارجإ تم .بيجتسم 202 لىإ لصي الد ةيدوقنعلا تانيعلا ذخأ ةينقتب ةنيعلا رايتخا تم ديكأتلا لماع ليلتح للاخ نم (SEM-PLS) ةيئزلجا ىرغصلا تاعبرلدا ةيلكيلذا تلاداعلدا ةجذنم ليلتح للاخ ريدم ةدايقل راًشابم ايرً ثأت كانى نأ تانايبلا ليلتح جئاتن رهظت SmartPLS 3.0. جمانرب مادختساب(CFA) .تقولا سفن فيو ايًئزج ملعلدا ءادأ ىلع ملعملل زانجلإا عفادو ةسردلدا ةفاقثو ةسردلدا رشابم يرغ يرثأت كانى في طسوتلا للاخ نم ةسردلدا ميلعت ةدوج ىلع ملعلدا زانجإ عفادو ، ةسردلدا ةفاقثو ، ةسردملل ةيسيئرلا ةدايقلل ةدايق يى ملعلدا ءادأ ىلع رثؤت تيلا لماوعلا بيترت نأ ةساردلا هذى في يلكيلذا جذومنلا ليلتح حضوي .ملعلدا ءادأ يدايقلا لماعلا نأ رشابلدا يرغ يرثأتلا ليلتح رهظُي .ملعلدا ىدل زانجلإا عفادو ، ةسردلدا ةفاقثو ، ةسردلدا سيئر يرشي يلكيلذا جذومنلا مييقت جئاتن تلصح .ةسردلدا في ميلعتلا ةدوج ينستح في بركأ ةهماسم ول ةسردلدا سيئرل .ةسردلدا ميلعت ةدوجو ملعلدا ءادأ ليكشت في ةديج ةيؤبنت ةقلاع ول جذومنلا نأ لىإ ءاضق في ايلعلا ةسردلدا في ميلعتلا ةدوجو ملعلدا ءادأ ينسحتل ونأ يى ثحبلا جئاتن نم ةينمضلا جئاتنلا نإ ينستح نكيم .لماكتم وأ لصفنم لكشب ءاوس ، ةيجرالخا تايرغتلدا ذيفنت ةدوج ةدايز يرورضلا نم ، ارابج ، ءادلأا مييقتو بيردتلاو ، بيردتلاو ميلعتلاو ، بسانم رايتخا ماظن للاخ نم ةيملاسلإا سرادلدا يريدم ةدايق ةينيدلا ةسردلدا ةئيب للاخ نم ةسردلدا ةفاقث زيزعت نكيم .ديج نواعت ةماقإو ، ماهملل حضاولا ميسقتلاو ، ينملعلدا نواعت تايدتنمو ، لعافتلا طانمأو ديلجا لصاوتلاو ، ةيؤرلا مهفو ةيعامتجلاا ةئشنتلاو ، ةيجذومنلا ، ةطلسلا ضيوفتو ، يحورلا زفالحا زيزعت للاخ نم ملعلدا ليصتح عفاد ةدايز نكيم .تآفاكلدا و ريدقتلا ءاطعإو ريوطتلاو ،تآفاكلدا ،زفاولحا يمدقتو ةيحصلا ةسفانلداو ، ةيتحتلا ةينبلاو ةسردلدا قفارم معدو ، مييقتلاو بيردتلاو .ةيعامتجلاا ةيلوؤسلداو )ةمدلخا( صلاخلإاو ةدابعلا حور لىإ ةسردلدا في ملعلدا زيفتح دنتسي .يفيظولا .ميلعت ةدوج ، ملعلدا ءادأ ، زانجلإل ةيعفادلا ، ةسردلدا ةفاقث ، ةدايقلا :ةيحاتفملا تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 05:13
Last Modified: 26 Apr 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item