ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING KELAS V DI SDN 27 KECAMATAN GEDONG TATAAN-KABUPATEN PESAWARAN

Destri, Elvira Sari (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING KELAS V DI SDN 27 KECAMATAN GEDONG TATAAN-KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESTRI Revisi Baru.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan belajar adalah, dimana peserta didik tidak mampu belajar sebagai mana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Analisis faktor kesulitan belajar matematika secara daring ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika apa saja yang di alami oleh peserta didik selama pembelajaran daring yang berlangsung pada saat pandemi Covid-19 ini melanda seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika apa sajakah yang dialami oleh peserta didik, mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar peserta didik selama proses pembelajaran daring berlangsung, mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dan juga kendala yang dialami oleh pendidik di SDN 27 Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung dalam proses pembejaran matematika secara daring. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta yang ditemukan di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, sehingga menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau kalimat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi tekhnik dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu pengumpulan data dari berbagai teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa, ditemukan kesulitan belajar matematika secara daring yang dialami oleh peserta didik kelas V SDN 27 Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, yang berdasarkan pada 4 indikator kesulitan belajar matematika menurut Lerner yaitu: 1) Gangguan Hubungan Keruangan, 2) Abnormalitas Persepsi Visual, 3) Kesulitan dalam Memahami dan Menggunakan Simbol, 4) Kesulitan dalam Bahasa dan Membaca. Berdasarkan ke-empat indikator tersebut peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah mengalami kesulitan belajar matematika. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:56
Last Modified: 26 Apr 2021 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item View Item