ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SKI KELAS V MI USWATUN HASANAH MERAMBUNG KECAMATAN PENENGAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

MAULINA, HIDAYATI (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SKI KELAS V MI USWATUN HASANAH MERAMBUNG KECAMATAN PENENGAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MAULINA HIDAYATI  1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAULINA HIDAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBALAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V MI USWATUN HASANAH MERAMBUNG KECAMATAN PENENGAHAN KEBUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh : Maulina Hidayati Peneliti mendapatkan informasi bahwa tenaga pendidik sudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation, tetapi kemampuan pemahaman peserta didik SKI kelas V masih banyak yang berada dibawah KKM padahal menurut teori model pembelajaran GI adalah model pembelajaran yang terlatih untuk menerapkan cara berpikir kritis, maka dari itu peneliti tertarik untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran kooperatif group investigation (GI). Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini sedang berlangsung. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada, objek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan guru SKI Kelas V MI Uswatun Hasanah Merambung, Subjek dalam penelitian ini yaitu pesrta didik dan guru SKI kelas V MI Uswatun Hasanah Merambung . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan Dokumentasi. Kesimpulan penelitan ini bahwa penerapan model GI di MI Uswatun Hasanah Merambung bahwasannya guru SKI kelas V MI Uswatun Hasanah Merambung Desa Padan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan telah menerapkan model pembelajaran Group Investigation dengan baik tetapi masih ada langkah yang tidak dilaksanakan oleh guru yaitu langkah ke-6 Peserta didik menganalisis masalah yang didiskusikan setiap kelompok dan siap untuk mengpresentasikannya didepan kelas, faktor lainnya yaitu faktor waktu, tempat dan keadaan pada masa pandemi covid-19, sehingga menyebabkan kemampuan pemahaman peserta didik masih dibawah KKM, padahal dalam teori Aris Soimin Model Group Investigation adalah model yang terlatih untuk menerapkan cara berpikir kritis. Kata Kunci: Investigation, Kemampuan Pemahaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:16
Last Modified: 26 Apr 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item