PENGGUNAAN KARTU GAMBAR BERSERI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Alnaisah, Witri Dewi Fitri (2021) PENGGUNAAN KARTU GAMBAR BERSERI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu potensi yang harus dikembangkan sejak dini adalah keterampilan berbahasa, salah satunya berbicara. Berbicara merupakan bentuk komunikasi secara lisan yang berfungsi untuk menyampaikan maksud dengan lancar, menggunakan kata-kata, dan menggunakan kalimat dengan jelas. Oleh sebab itu kemampuan berbicara anak harus distimulus sejak dini dengan menggunakan prinsip yang berpedoman pada tahap yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media kartu gambar berseri dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung”, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media kartu gambar berseri dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif keadaan di tempat penelitian. Subjek dalam penelitian adalah kelompok B1 di TK Negeri 2 Bandar Lampung yang terdiri dari 8 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi pada anak dan guru. Selanjutnya adapun analisis data yang dilakukan dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar berseri ini telah dilaksanakan dengan hasil kurang maksimal . Dengan keadaan pandemi saat ini membuat keadaan menjadi sulit untuk guru dan anak untuk bertatap muka secara langsung karena pembelajaran secara daring sehingga penyampaian cerita kurang maksimal dan guru kurang komunikatif terhadap anak. Kata Kunci : Media Kartu Gambar Berseri, Kemampuan Berbicara Anak iiABSTRACT One of the potentials that must be developed from an early age is language skills, one of which is speaking. Speaking is a form of oral communication that functions to convey meaning smoothly, use words, and use sentences clearly. Therefore, children's speaking abil- ity must be stimulated from an early age by using principles guided by the stage that is in accordance with early childhood development. The formulation of the problem in this study is "How to use serial picture card media in developing the speaking ability of children aged 5-6 years in Kindergarten 2 Bandar Lampung". The purpose of this study was to determine the use of serial picture card media in developing children's speaking skills 5-6 years old in Kindergarten 2 Bandar Lampung. This research method is a qualitative descriptive method aimed at describing objectively the situation in the research place. The subjects in the study were group B1 in TK Negeri 2 Bandar Lampung which consisted of 8 children. Data collection techniques in this study through observation, interviews and documentation to children and teachers. Furthermore, the data analysis was carried out using data reduction, data display and drawing conclusions. The results showed that the use of serial image media has been implemented with less than optimal results. With the current pandemic, it is difficult for teachers and children to meet face to face because of online learning so that storytelling is not optimal and teachers are less communicative to children. Keywords: Serial Picture Card Media, Children's Speaking Ability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:02
Last Modified: 26 Apr 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item View Item