PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PELANGGARAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP TIRTAYASA BANDAR LAMPUNG

Torip, Rizwan (2017) PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PELANGGARAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP TIRTAYASA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Torip.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang melakukan pelanggaran disiplin di sekolah. Sehingga masalah yang menarik untuk penulis jadikan sebagai judul penelitian karena hal ini berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar dan keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu pelanggaran disiplin yang sering dilakukan peserta didik SMP Tirtayasa Bandar Lampung adalah membolos saat jam pelajaran berlangsung, berkelahi, merokok saat jam istirahat, terlambat datang ke sekolah dan masih banyak pelanggaran yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan bantuan khusus yaitu layanan konseling kelompok agar permasalahan peserta didik dapat teratasi. Salah satu teknik yang digunakan untuk mengubah perilaku peserta didik yang tidak disiplin di sekolah adalah Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan harapan bisa mengubah perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku yang sesuai dengan peraturan tata tertib di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kenseling kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam mengatasi pelanggaran disiplin peserta didik di SMP Tirtayasa Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah peserta didik yang melanggar peraturan tata tertib sekolah. Sampel yang akan dijadikan penelitian adalah peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kenseling kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam Mengatasi Pelanggaran Disiplin Peserta Didik di SMP Tirtayasa Bandar Lampung telah dilaksanakan, namun masih perlu ditingkatkan lagi karena waktu pelaksanaannya belum maksimal. Agar semakin menimalisir peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:10
Last Modified: 19 Sep 2017 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item