DAMPAK PERNIKAHAN JARAK JAUH (LONG DISTANCE MARRIAGE) TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Pekon Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat)

NOFRI, YANTI (2021) DAMPAK PERNIKAHAN JARAK JAUH (LONG DISTANCE MARRIAGE) TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Pekon Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan jarak jauh (long distance marriage) adalah situasi atau kondisi tertentu yang mengharuskan mereka tidak bisa hidup bersama dalam satu rumah. Yaitu berada dengan jarak yang cukup jauh seperti antar pulau ataupun antar negara sehingga tidak memungkinkan untuk bertemu dalam waktu yang diharapkan.. Dalam Perspektif Hukum Islam Pernikahan Jarak Jauh adalah diperbolehkan atau sah-sah saja jika kedua belah pihak sudah ada kesepakatan bersama untuk melakukannya, terutama terpenuhi nafkah lahir nya. Memang ada rumah tangga nya yang tidak bertahan tetapi lebih banyak yang mempertahankan pernikahan mereka karena mereka menyelesaikannya dengan baik sehingga pernikahan mereka tetap harmonis. Dampak Pernikahan Jarak Jauh di Pekon Balai Kencana, KecamatanKrui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat adalah (1) sering terjadi pertengkaran, (2) selingkuh, (3) kesalahpahaman (4) bahkan ada yang bercerai. Tetapi banyak dari mereka berusaha untuk mengalah demi rumah tangga mereka. Memang ada rumah tangga nya yang tidak bertahan tetapi lebih banyak yang mempertahankan pernikahan nya karena mereka menyelesaikannya dengan baik sehingga pernikahan mereka tetap harmonis.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimana Perspektif Hukum Islam terhadap Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriage) terhadap Keharmonisan Rumah Tangga dan (2) Apa dampak Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriage) terhadap Keharmonisan Rumah Tangga. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap Pernikahan Jarak Jauh (Long Distance Marriage) Terhadap keharmonisan Rumah Tangga dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari Pernikahan Jarak Jauh(Long Distance Marriage) Terhadap keharmonisan Rumah Tangga di Pekon Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan populasi yang ada di Pekon Balai Kencana sebanyak 10 pasangan dengan sampel 10 yang terdiri dari 5 orang tokoh masyarakat dan 5 pasangan yang menikah Jarak Jauh.Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa ada dampak negatifnya dan ada dampak positifnya lalu masing-masing dari pasangan tersebut dapatmengatasinya sehingga dalam rumah tangga mereka tetap menciptakan keluarga yang harmonis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:56
Last Modified: 23 Apr 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13905

Actions (login required)

View Item View Item