KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK MIFTAHUL HUDA TANJUNG RAJA LAMPUNG UATARA

PUTRI, WIJAYANTI (2021) KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK MIFTAHUL HUDA TANJUNG RAJA LAMPUNG UATARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 172.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bahasa adalah suatu bentuk komuniasi dan lisan, tertulis atau isyarat yang berdasarkan pada suatu sistem dari simbol-simbol. Bahasa terdiri dari kata-kata yang didapatkan oleh masyarakat beserta aturan-aturan untuk menyusun berbagai variasi dan mengkombinasikannya. Metode bermain peran adalah memerankan tokoh-tokoh atau benda-benda disekitar anak dengan tujuan untuk mengembangkan daya khayal (imajinasi) dan penghayalan terhadap bahan pengembangan yang dilaksanakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain peran makro dalam upaya mengembangkan bahasa anak di TK Miftahul Huda Tanjung Raja Lampung Utara? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain peran makro dalam upaya mengembangkan bahasa anak di TK Miftahul Huda Tanjung Raja Lampung Utara di kelas B2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di TK Miftahul Huda Tanjung Raja Lampung Utara bahwa kegiatan bermain peran telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dalam bermain peran. Langkah- langkah bermain peran ini sesuai dengan yang dijelaskan dari gabungan teori Roestiyah, teori Winda Gunanti dkk yakni dimulai dari guru memilih tema yang akan dimainkan, menyiapkan naskah atau jalan cerita, menyiapkan media yang akan digunakan dalam permainan, menerangkan teknik dan aturan dalam permainanan, membagi atau memilih peran masing-masing anak, menceritakan sambil mengatur adegan pertama diskusi dan mengevaluasi pembelajaran. Maka dari itu kecerdasan linguistik anak sudah berkembang sesuai harapan. Kata Kunci : Bahasa, Metode Bermain Peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:14
Last Modified: 23 Apr 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13894

Actions (login required)

View Item View Item