PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DALAM MENINGKATKAN USAHA RUMAH TANGGA (Studi Pada BMT Dana Mulya Syari’ah Cabang Kalianda Lampung Selatan)

ARDIAN, SAPUTRA (2021) PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DALAM MENINGKATKAN USAHA RUMAH TANGGA (Studi Pada BMT Dana Mulya Syari’ah Cabang Kalianda Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DALAM MENINGKATKAN USAHA RUMAH TANGGA (Studi Pada BMT Dana Mulya Syari’ah Cabang Kalianda Lampung Selatan) Keberadaan BMT merupakan tantangan tersendiri bagi umat Islam terutama bagi para pemimpin umat dan praktisi keuangan Islam, untuk mampu menunjukan kualitas dan profesionalisme BMT dalam memenuhi aspirasi dan tuntutan umat yang berhubungan dengan aktivitas perekonomian, sehingga keberhasilan BMT dalam merealisasikan tuntutan umat, pada gilirannya akan memposisikan BMT sebagai sebuah lembaga keuangan Islam yang capable dan credible. Untuk itu, upaya dan peran BMT dalam meningkatkan posisi ekonomi rakyat harus menunjukan performancenya dalam kapasitasnya sebagai sebuah lembaga keuangan yang memiliki kemampuan untuk berperan dan sebagai alternatif bagi masyarakat dalam kerjasama usaha dan bermitra bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pola peran pembiayaan musyarakah, dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah BMT Dana Mulia Syariah, lalu mengetahui dan menjelaskan pengaruh peran pembiayaan musyarakah yang diterapkan oleh BMT Dana Mulia Syariah dalam meningkatkan pendapatan usaha nasabah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 77 orang nasabah BMT Dana Mulya Syariah Cabang Kalianda yang menggunakan jasa pembiayaan untuk modal usaha.. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peran peran BMT cukup penting terhadap kelangsungan usaha rumah tangga pada BMT Dana Mulya Syariah Cabang Kalianda, oleh karena itu untuk meningkatkan usaha rumah tangga dapat dilakukan dengan memperbaiki atau meningkatkan peran BMT terutama dalam penyaluran dana untuk modal usaha. Peran BMT adalah; menjauhkan masyarakat dari praktik ekonomi nonsyariah, melakukan pembinaan dan pendanaan usaha kecil, melepaskan ketergantungan pada rentenir, dan menjaga keadilan ekonomi masyrakat dengan distribusi yang merata.Peran BMT dalam meningkatkan usaha rumah tangga tidak hanya terbatas pada penyaluran pinjaman modal, namun juga disertai bantuan pembinaan yang dapat berupa konsultasi manajemen usaha. Kata kunci: Peran BMT, Usaha Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:15
Last Modified: 23 Apr 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item