Pengaruh Tingkat Debt Financing Dan Equity Financing Terhadap Profit Expense Ratio Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri periode 2010-2018)

NOVALIA, NOVALIA (2021) Pengaruh Tingkat Debt Financing Dan Equity Financing Terhadap Profit Expense Ratio Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri periode 2010-2018). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengenai bagaimana tingkat debt financing dan equity financing berpengaruh terhadap profit expense ratio (PER) Bank Syariah Mandiri. Adapun penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang dilakukan oleh Arifin Kusumah, Nur Anisa Qadriyah dan Dian Anita. Arifin meneliti mengenai perbedaan jenis pembiayaan dan pengaruhnya terhadap (PER). Hasil penelitian menunjukkan pilihan jenis pembiayaan yakni debt financing dan equity financing memiliki tingkat risiko macet yang relatif sama. Dalam penelitian ini, menganalisis sejauh mana pengaruh jenis produk pembiayaan yang dilakukan bank syariah mandiri mempengaruhi profit yang akan diperoleh dengan biaya-biaya (beban) yang ada. Sebagai objek penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel tingkat debt financing dan tingkat equity financing berpengaruh terhadap profit expense ratio (PER) Bank Syariah Mandiri periode 20010-2018. Populasi dalam penelian yaitu laporan keuangan Bank Syariah Mandiri dengan sampel penelitian data laporan keuangan triwulan dari periode tahun 2010-2018. Metode yang di gunakan adalah Metode kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian untuk variabel tingkat debt financing berpengaruh positif signifikan terhadap profit expense ratio, tingkat equity financing berpengaruh positif signifikan terhadap profit expense ratio (PER), variabel dependen tingkat profit expense ratio (PER) menunjukkan bahwa variabel tingkat debt financing dan tingkat equity financing berpengaruh positif signifikan terhadap profit expense ratio (PER), sedangkan hasil koefisian deteminasi Adjust R Square sebesar 0,315 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang ada di Bank Syariah Mandiri 31,5% sedangkan sisanya 68,5% dipengaruhi oleh variabel lain Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pembiayaan dengan debt financing dan equity financing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profit expense ratio Bank Syariah Mandiri. Jadi semakin tinggi nilai debt financing menunjukan bahwa semakin kuran efisien beban- beban yang dikeluarkan dalam pembiayaan tersebut hingga profit yang didapat kurang maksimal dan semakain tinggi nilai equity financing menunjukan bahwa semakin efisien beban-beban yang dikeluarkan Bank Syariah Mandiri dalam pembiayaan hingga profit maksimal Kata Kunci : Debt financing, equity financing, profit expense ratio (PER)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:01
Last Modified: 23 Apr 2021 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item