STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (AR-RAHN) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PEGADAIN SYARIAH ARIF RAHMAN HAKIM BANDAR LAMPUNG

FAZAR, MAULANA (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (AR-RAHN) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PEGADAIN SYARIAH ARIF RAHMAN HAKIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (Ar-Rahn) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PEGADAIN SYARIAH ARIF RAHMAN HAKIM BANDAR LAMPUNG Oleh Fazar Maulana Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi pemasaran produk Gadai Syariah (ar-rahn) dalam meningkatkan Jumlah Nasabah di Pegadaian Arif Rahman Hakim Bandar Lampung. Permasalahan yang muncul yaitu bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk Gadai Syariah (ar-rahn) dan apa metode yang digunakan Pegadaian Arif Rahman Hakim Bandar Lampung dalam meningkatkan Jumlah Nasabah pada produk Gadai Syariah (ar-rahn). Teknik penelitian yang digunakan yaitu field research atau penelitian lapangan, dengan cara mengangkat data dari lapangan yang berkaitan dengan strategi pemasaran dalam meningkatkan Jumlah Nasabah di Pegadaian Arif Rahman Hakim Bandar Lampung. Metode pokok yang digunakan dalam pencarian data dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara,dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh penulis setelah menganalisa data yaitu strategi pemasaran Produk Gadai Syariah (ar-rahn) yang diterapkan Pegadaian Arif Rahman Hakim Bandar Lampung dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu: Pegadaian Arif Rahman Hakim Bandar Lampung menerapkan strategi pemasaran langsung berupa pemasaran tatap muka secara langsung dan penyebaran katalog atau brosur dan strategi pemasaran tidak langsung yaitu melalui jejaring sosial blogg dan instagram. Sedangkan dalam meningkatkan Jumlah Nasabah Pegadaian Arif Rahman Hakim Bandar Lampung lebih menekankan pada pelayanan yang diberikan oleh unsur manajemen terhadap pelanggan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, strategi pemasaran produk Gadai Syariah (ar-rahn) yang dilakukan oleh unsur manajemen Pegadaian Syariah berjalan cukup baik sehingga diketahui bahwa pelanggan puas menggunakan jasa pegadaian syariah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pegadaian Syariah, Produk Ar-rahn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:35
Last Modified: 23 Apr 2021 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item View Item