TELAAH EPISTEMOLOGI INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI SMA DAN MA DI LAMPUNG TIMUR

LATIFATUL, AULIA (2021) TELAAH EPISTEMOLOGI INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI SMA DAN MA DI LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LATIFATUL AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Telaah Epistemlogi Integrasi Sains dan Agama di SMA dan MA di Bandar Lampung ABSTRAK Oleh: Latifatul Aulia Integrasi antara Sains dan Agama merupakan nilai yang penting untuk menghilangkan anggapan bahwa Agama dan Sains merupakan dua hal yang tidak dapat disatukan. Sistem pendidikan dengan mengintegrasikan Sains dan Agama dapat dilakukan dengan cara menghubungkan pembelajaran keduanya. Sistem pendidikan seperti ini sangat bermanfaat bagi perkembangan intelektualitas peserta didik. Persoalan yang muncul sekarang adalah bagaimana tipologi integrasi sains dan agama dalam proses pembelajaran dan model integrasi keilmuan apa yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang tipologi integrasi Sains dan Agama serta model integrasi keilmuan yang diterapkan di sekolah tingkat SMA dan MA di Lampung Timur. Metode penelitian yang dikembangkan adalah kualitatif menggunakan studi fenomenologi, dengan teknik pemgumpulan data wawancara, kuisioner serta observasi yang diakukan kepada guru mata pelajaran Sains (Biologi) sebagai subjek penelitian.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari enam sekolah tingkat SMA dan MA di lampung timur 83% responden memiliki pandangan bahwa agama dan sains memilki relasi atau hubungan yang positif diantara keduanya. Hal tersebut terlihat dari 83% responden memilki anggapan tipologi integrasi antara agama dan sains.Dari tipologi tersebut dapat diketahui bahwa agama dan sains memiliki hubungan atau relasi yang baik atau positif.Meskipun masih terdapat beberapa teori yang dianggap masih belum dapat diintegrasikan seperti teori evolusi yang dianggap sebagai teori sains yang belum dapat dihubungkan dengan teori pada agama.Dalam upaya mengintegrasikan keilmuan dalam kegiatan pembelajaran 86% responden menggunakan model integrasi keimuan berbasis filsafat klasik sedangkan 14% responden menggunakan model IFIAS (International federation of institutes of advance study) walaupun dalam pelaksanaan model integrasi keimuan tersebut masih sebatas mendialogkan antara agama dan sains serta dianggap masih lemah secara metodologis dikarenakan pembelajaran masih dilakukan secara langsung tanpa adanya materi pokok atau media tertentu. Kata kunci :Epistemologi, Integrasi, Sains dan Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:10
Last Modified: 22 Apr 2021 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13878

Actions (login required)

View Item View Item