PENERAPAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI PAUD SPS WALISONGO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

EVA, FAUZIA ASSYFA (2021) PENERAPAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI PAUD SPS WALISONGO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI PAUD SPS WALI SONGGO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 OLEH EVA FAUZIA ASSYFA Positive reinforcement yaitu stimulus yang pemberianya terhadapa operan behavior menyebabkan perilaku tersebut akan semakin diperkuat atau dipersering kemunculanya. Pada penelitian ini mengunakan teknik positive reinforcement untuk meningkatkan percaya diri peserta didik. Dengan menggunakan reinforcement positif inidapat menekankan berupa munculnya stimulus dan respon dengan memberikan reinforcement dan reward. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan positive reinforcement untuk meningkatkan percaya diri peserta didik di PAUD SPS Walisonggo Tanggamus?.selain itu, adapun tujuan dari pelaksanaan ini yaitu untuk mengetahui penerapan reinforcement positif untuk meningkatkan percaya diri peserta didik di PAUD SPS Walisonggo Tanggamus.Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang di kumpulkan mengunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan satu orang guru kelas A di PAUD SPS Tanggamus. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Penerapan positive reinforcement di PAUD SPS walisonggo berjalan dengan baik. reinforcement positif yang diberikan di PAUD SPS Walisonggo Penerapan positive reinforcement di PAUD SPS Walisongo ditemukan dalam beberapa bentuk yaitu verbal dan non verbal. Bentuk penguatan verbal guru memberi pujian seperti bagusnya sipp dan mengacungkan jempol sedangkan bentuk penguatan non verbal sesekali guru memberikan penghargaan seperti hadiah untuk peserta didik. penggunaan reinforcement pada anak usia dini.Selain sebagai sarana untuk mengenali hal yang baik dan buruk, dari reinforcement ini pula anak dapat membangun karakternya dimasa depan. iireinforcement dapat membangun nilai percaya diri serta kemandirian Peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2021 05:07
Last Modified: 22 Apr 2021 05:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item