Wulan, Fuji Astuti (2021) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PUNISHMENT UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 31 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PUNISHMENT UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 31 BANDAR LAMPUNG OLEH WULAN FUJI ASTUTI Konseling kelompok yaitu proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui data prapenelitan konseling oleh seorang ahli (guru BK) kepada peserta didik yang sedang mengalami suatu masalah yang teratasinya masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Konseling kelompok memiliki beberapa tenik, namun teknik yang di berikan pada saat melakukan penelitian ini adalah teknik punishment. Hukuman (Punishment) adalah penderitaan yang diberikan atau ditimbulkan dengan sengaja oleh pendidik (guru) sesudah terjadi suatu pelanggaran, kejahatan atau kesalahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian Studi Kasus, subjek penelitian single kasus dengan menggunakan Informan yaitu seorang Guru BK dari SMPN 31 Bandar Lampung yang sampel penelitiannya telah ditentukan menggunakan purposive Sampling teknik pengambilan samplenya memang untuk peserta didik yang memiliki permasalahan yang sama, dengan teknik pengumpulan data hasil wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap pelaksanaan Konseling Kelompok dengan Teknik Punishment untuk mengatasi perilaku membolos peserta didik oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Hasil dari Penelitian ini yaitu tahapan konseling kelompok pada penelitian ini ada 4 tahapan diantaranya: pembukaan, analisis, pemecahan masalah, penutup. Pemberian punishment yang dilakukan oleh Guru bimbingan dan Konseling adalah dengan cara memberikan Point, menghafal surah Al-Qur‟an seperti Ad-Dhuha, Do‟a Qunut, Asy-Syams kemudian juga Asmaul Husnah, pemanggilan orang tua serta membersihkan iilingkungan sekolah, punishment yang di berikan ini dapat menunjukan bahwa penerapan Konseling Kelompok menggunakan Teknik Punishment dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh peserta didik dapat teratasi dan dapat memberikan perubahan yang positif pada peserta didik. Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Punihsment, Membolos
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 05:03 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 05:03 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13876 |
Actions (login required)
View Item |