TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERBEDAAN TARIF SEWA KONTRAKAN DENGAN FASILITAS SAMA (Studi di Kontrakan Sadewa, di Desa Umpu Kencana Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan)

DIAN, YUNITA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERBEDAAN TARIF SEWA KONTRAKAN DENGAN FASILITAS SAMA (Studi di Kontrakan Sadewa, di Desa Umpu Kencana Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP DIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kegiatan ekonomi Islam atau dapat disebut muamalah yaitu sewa-menyewa, ini merupakan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari sejak zaman dahulu hingga kini. Salah satu sewa menyewa dalam hal bermuamalah ialah sewa menyewa kontrakan. Pada umumnya setiap kontrakan memiliki ukuran, fasilitas dan tarif yang sama akan tetapi berbeda halnya dengan kontrakan Sadewa yang terletak di Desa Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan tersebut terdapat kejanggalan pada pembayaran sewa-menyewa kontrakan, dimana terdapat perbedaan tarif, kontrakan tersebut memiliki fasilitas yang sama namun dengan tarif yang berbeda, bahkan memiliki ukuran yang sama akan tetapi pemilik kontrakan membedakan tarif pada tiap-tiap orang yang menyewa kontrakan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik perbedaan tarif sewa kontrakan dengan fasilitas sama di kontrakan Sadewa di Desa Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang perbedaan tarif sewa kontrakan dengan fasilitas sama di Desa Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik perbedaan tarif sewa kontrakan dengan fasilitas sama pada kontrakan Sadewa di Desa Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang perbedaan tarif sewa kontrakan dengan fasilitas sama di Desa Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang akan dilakukan ini berupa penelitian lapangan (field Research), kemudian setelah data terkumpul maka penulis akan menganalisa data secara kualitatif dengan menggunakan metode berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa dalam praktik perbedaan tarif sewa kontrakan dengan fasilitas sama di Desa Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan merupakan suatu kebijakan dan keputusan dari pemilik kontrakan. Prosedur sistem yang terjadi pada kontrakan Sadewa dilakukan dengan penyewa mendatangi pengelola kontrakan dengan menunjukkan identitas diri, pemilik kontrakan menunjukkan tempat kontrakan yang hendak disewakan kemudian pemilik menentukan besaran tarif sewa dari domisili atau tempat tinggal pihak penyewa yang berlaku di Kartu Tanda Penduduknyadan Penetapan harga ditinjau dari hukum Islam adalah diperbolehkan karena sesuai dengan ketentuan syara’. Akan tetapi penetapan perbedaan tarif sewa di Kontrakan Sadewa tentulah tidak adil. Sedangkan dalam syariat Islam mewajibkan keadilan dan mengharamkan kezaliman dalam segala sesuatu akad transaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:26
Last Modified: 22 Apr 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item View Item