PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

DESTY, SULISTYA NINGSIH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penguasan konsep dan kemampuan argumentasi adalah salah satu tolak ukur keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil pra- penelitian di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, penguasan konsep dan kemampuan argumentasi peserta didik perlu ditingkatkan. Faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi adalah model pembelajaran. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi, 2) Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dan lembar observasi. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji n-Gain ternormalisasi dan independent sample t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai n-Gain penguasaan konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,47>0,35 dengan thitung>ttabel atau 2,653>1,999. 2) Nilai n-Gain kemampuan argumentasi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,48>0,32 dengan thitung>ttabel atau 6,203>1,999. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap penguasaan konsep peserta didik, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) terhadap kemampuan argumentasi peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE), Penguasaan Konsep, Kemampuan Argumentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:55
Last Modified: 21 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item