TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI BARANG HASIL PERMAINAN PASAR MALAM (Studi Kasus Di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat)

Alfan, Rizki Sirojudin (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI BARANG HASIL PERMAINAN PASAR MALAM (Studi Kasus Di Pekon Purawiwitan Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Alfan Rizki Sirojudin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar malam merupakan pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam menyerupai festival, karnaval, atau fair, di mana permainan karnaval dan wahana permainan anak-anak, seperti korsel mini, komidi putar, dan kereta api mini juga tersedia. Beberapa camilan klasik seperti gulali, es krim, bakso bakar, roti bakar, dan sosis panggang. Selain makanan terdapat sebuah permainan adu ketangkasan atau lotere seperti lempar gelang, lempar bola, memancing botol atau mengelindingkan bola kecil ke atas papan berpaku. Banyak hadiah menarik yang bisa langsung dihasilkan atau didapatkan bila berhasil memenangkan permainan ini. Wahana permainan jenis ini bisa membuat seseorang ketagihan Apabila barang yang diinginkan tidak kunjung didapatkan, pasti akan terus-terus mencoba kembali hingga barang yang di inginkan didapatkan. Adapun barang yang dihasilkan dan masih memiliki nilai jual kemudian akan diperjualbelikan kembali dengan harga relatif murah. Hukum Islam sangat menganjurkan orang yang bermuamalah sesuai dengan syariat Islam dan berkewajiban mentaati aturannya dengan baik, terutama dalam masalah jual beli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana praktik pelaksanaan jual beli barang hasil dari permainan pasar malam di Pekon Purawiwitan Kec. Kebun Tebu Kab. Lampung Barat dan 2) bagaimana pandangan hukum Islam tentang praktik jual beli barang hasil permaian pasar malam di Pekon Purawiwitan kec. Kebun Tebu Kab. Lampung Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui praktik jual beli barang hasil permainan pasar malam yang terjadi di Pekon Purawiwitan Kec. Kebun Tebu dan 2) untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang praktik jual beli barang hasil permainan pasar malam yang terjadi di Pekon Purawiwitan Kec. Kebun Tebu. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitiannya adalah analisis diskriptif. Untuk melakukan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan normatif, maka jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisa dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan berfikir deduktif dan induktif. Deduktif merupakan pendekatan berfikir yang berangkat dari pengetahuan bersifat umum untuk menilai kejadian khsusus. Induktif merupakan metode analisa data dengan dimulai dari data yang khusus kemudian ditarik kesimpulan bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktek jual beli barang ini dihasilkan dari permainan lotere dipasar malam adalah tidak sah, karena bertentangan dengan landasan hukum Islam Al-Qur‟an dan Assunah, serta mengandung unsur perjudian yang merugikan perekonomian masyarakat Pekon Purawiwitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 05:17
Last Modified: 21 Apr 2021 05:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item