FUNGSI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MELATIH KETAATAN SHOLAT DI PANTI ASUHAN MIFTAHUL ULUM KECAMATAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG

AUDY, TANTRA ABILIO (2021) FUNGSI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MELATIH KETAATAN SHOLAT DI PANTI ASUHAN MIFTAHUL ULUM KECAMATAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI AUDY TANTRA ABILIO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB5 , DAPUS AUDY TANTRA ABILIO.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK FUNGSI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MELATIH KETAATAN SHOLAT PANTI ASUHAN MIFTAHUL ULUM WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Audy Tantra Abilio Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen dakwah Panti Asuhan Miftahul Ulum dalam melatih ketaatan sholat anak asuh. Panti asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial kemasyarakatan, yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak terlantar, yatim piatu, dengan melaksanakan penyantunan, pendidikan, dan pelayanan. Adapun Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan(Field Research) dengan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen dakwah yang dilaksanakan di panti asuhan miftahul ulum dalam meningkatkan ketaatan sholat anak asuh. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara (interview), observasi dan dikumentasi. Data-data dalam penelitian ini di peroleh narasumber yaitu pimpinan panti asuhan dan pengurus panti, serta anak asuh panti asuhan miftahul ulum, serta dari data-data kepustakaan. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 84 orang, terdiri dari 1 pimpinan panti, 8 pengurus panti dan 75 anak asuh panti asuhan. Berdasarkan tehnik purposive sampling sempel yang mewakili 6 orang, terdiri dari satu pimpinan panti asuhan dan lima pengurus Panti Asuhan Miftahul Ulum. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Panti Asuhan Miftahul Ulum dalam meningkatkan ketaatan sholat anak asuh sudah menerapkan fungsifungsi manajemen dakwah mulai dari perencanaan (Planing) pengorganisasian (Organizing) pengarahan (Actuating) dan pengawasan (Controling). Keberhasilan penerapan menejemen tersebut dapat dilihat dari kegiatan shalat berjamah semua civitas akademik panti asuhan miftahul ulum wajib mengikut kegiatan sholat berjamaah, Tidak hanya itu saja perencanaan yang tersusun secara terstruktur, mulai dari guru, asrama, serta karyawan yang lain ikut membantu mensukseskan kegiatan sholat berjamaah dengan tepat waktu. Sementara itu banyak dari santri yang berpartisipasi dalam kegiatan sholat. Ketaatan sholat ini dalam pelaksanaannya akan membentuk akhlak mahmudah seperti ikhlas, tawadhu’, sabar, disiplin, sopan santun, dan saling menghargai. Kata Kunci: Manajemen Dakwah, Dan Ketaatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:42
Last Modified: 21 Apr 2021 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13838

Actions (login required)

View Item View Item