PENGARUH KUALITAS LAYANAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI PADA NASABAH MANDIRI SEKURITAS BANDAR LAMPUNG)

DIKY, PURNAMA JOHAN (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI PADA NASABAH MANDIRI SEKURITAS BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian skripsi ini di mulai dengan beberapa hal yang melatarbelakangi- nya yaitu program peningkatan jumlah investor lokal yang di gaungkan oleh pemeintah dan stakeolder terkait. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas layanan online dan fitur website suatu perusahaan sekuritas terhadap kepuasan nasabah (investor) di pasar modal khususnya layanan syariah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang bersifat asosiatif yaitu penelitian yang memiliki sifat hubungan antara dua variabel. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari melakukan penyebaran jajak pendapat atau kuesioner, wawancara singkat dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 36 orang dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, uji t dan koefisien determinasi (R2 ) dengan Kualitas Layanan Online sebagai variabel X (independen) dan Kepuasan Nasabah sebagai variabel Y (dependen). Variabel kualitas layanan online (efficiency, fullfilment, system availibility dan privacy) berpengaruh positif secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat nilai Fhitung sebesar 12.992 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 2.69. Nilai signifikansi 0.001 lebih kecil dari 0.05 menunjukkan bahwa secara bersama-sama kualitas layanan online (efficiency, fullfilment, system availibility, dan privacy) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Nilai Adjusted R square sebesar 0.626 artinya sebesar 62.6% variabel kualitas layanan online (efficiency, fullfilment, system availibility, dan privacy) mempengaruhi perubahan variabel kepuasan nasabah sedangkan sisanya 48.4% lagi dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari variabel kualitas layanan online (efficiency, fullfilment, system availability dan privacy). Artinya nilai keterpengaruhan yang cukup besar antara variabel bebas terhadap variabel terikat pada penelitian ini yaitu mencapai 34.6%, maka model kombinasi kedua variabel bebas yaitu kualitas layanan online (efficiency, fullfilment, system availibility dan privacy) apabila dijalankan dengan maksimal dapat digunakan untuk mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah. Kata Kunci : Kualitas Layanan Online, Kepuasan Nasabah, MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading), Pasar Modal Syariah, Mandiri Sekuritas Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:15
Last Modified: 21 Apr 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item