MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

AMALIA, ZAHRO NURBAITI (2021) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data. Adapun sumber penelitian ini diperoleh dari buku-buku dan jurnal penelitian yang relevan. Selanjutnya, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis isi (content analysis). Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data dokumentasi. Data diperoleh dari buku-buku tentang model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan jurnal-jurnal yang terkait dengan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Berdasarkan hasil analisi data, maka dapat dikatakan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat memberikan dampak positif dalam mengaktifkan peserta didik baik dari segi kognitif (nilai atau hasil belajar yang diperoleh), afektif (keaktifan di kelas atau dalam proses pmeblejaran), maupun psikomotorik (sikap, gerak, maupun keaktifan yang ditunjukkan peserta didik). Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan variasi yang baru pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam, karena melalui penerapan model peserta didik dituntut untuk kerjasama dalam setiap pembelajaran. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah salah satu model yang bisa digunakan oleh guru untuk mengaktifkan peserta didik yaitu dalam kreativitas, kemandirian, kerjasama, tanggung jawab, dan kemampuan membaca dan menulis peserta didik. Dengan demikian pembelajaran pendidikan agama Islam melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat berdampak positif dalam hasil belajar serta aktivitas peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Apr 2021 05:29
Last Modified: 20 Apr 2021 05:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item