Kompetensi supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Tanggamus Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus

Masudin, Masudin (2017) Kompetensi supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Tanggamus Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of JUDUL.pdf]
Preview
PDF
Download (229kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (307kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (563kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Lanjutan_Bab_IV_dan_V.pdf]
Preview
PDF
Download (357kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan tidak bisa lepas dari tanggung jawab semua pihak baik itu pemerintah, orang tua, maupun masyarakat. Pendidikan jika tidak ditangani dengan maka dikhawatirkan kedepan pendidikan akan semakin suram dan tidak jelas kualitasnya. Oleh karena itu pendidikan memerlukan perhatian yang sangat serius khususnya dari pemerintah yang mengembankan tangggung jawab tersebut kepada kepala madrasah. Kepala madrasah selaku supervisor yang bertugas memberikan pengawasan, karena ketika sebuah lembaga pendidikan mendapat pengawasan yang serius maka diharapkan akan tercipta sebuah pendidikan yang berkualitas, apalagi jika dilakukan oleh seorang pengawas yang ahli. Oleh karena peran kepala madrasah sebagai pengawas sangat mendukung, karena tanpa adanya pengawas yang ahli ( professional ) maka tidak mungkin juga sebuah sekolah/ madrasah akan berjalan baik dan bermutu. Penelitian ini dilakukan atas dasar kenyataan bahwa masalah kinerja guru masih membutuhkan perhatian yang serius, karena kinerja mereka salah satunya dipengaruhi dengan adanya supervisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi supervise kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Tanggamus? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi supervise kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Tanggamus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan kompetensi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Tanggamus. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari responden berupa orang-orang yang dianggap dapat memberi informasi yang dibutuhkan, dan juga benda berupa transkip ataupun dokumen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik metode analisis data dilakukan dengan pengolahan data yaitu dengan cara menyeleksi, mengklasifikasi, menyimpulkan hasil, menyimpulkan hasil, dan membuat reduksi data. Berdasarkan analisis data yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi supervisi yang dimiliki oleh kepala madrasah MIN 2 Tanggamus dapat dinilai baik. Hal ini dapat dilihat kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi telah dilaksanakan, tetapi kinerja guru MIN 2 Tanggamus sebagai perwujudan yang berorientasi prestasi belum berjalan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya aktifitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:29
Last Modified: 18 Sep 2017 08:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item