PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBANTU FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

NENENG, PUSPITASARI (2021) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBANTU FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS NENENG.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  NENENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM( SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBANTU FISHBONEDIAGRAMTERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF- EFFICACYPESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Oleh Neneng Puspitasari Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang hanya mengandalkan peran dan didominasi pendidik, kurang melibatkan peran aktif peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEM berbantu fishbone diagram terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung yang merupakan pembelajaran yang memicu peran aktif peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI MIPA 5 dan kelas XI MIPA 7. Teknik pengumpulan yang digunakan berupa tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essai kemampuan berpikir kritis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian hipotesis menggunakan manova mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran STEM berbantu fishbone diagram terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik memperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan pengaruh pendekatan STEM berbantu fishbone diagram terhadap self-efficacy peserta didik memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Kata Kunci : STEM berbantu Fishbone Diagram, Kemampuan Berpikir Kritis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 06:12
Last Modified: 19 Apr 2021 06:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item