PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ANDIKA, NURROHIM MZ (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis masih rendah. Berdasarkan indikator kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis diketahui kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis juga masih rendah. Selain itu terlihat bahwa banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keadaan nyata, serta kurang efektifnya model pembelajaran konvensional yang diterapkan di sekolah tersebut, yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Padang Ratu. Sampel penelitian ini yaitu Kelas VIIIE (model pembelajaran discovery learning), Kelas VIIIC (model pembelajaran direct instruction). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes kemampuan literasi matematis dan angket disposisi matematis. Analisis data pada penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Varian (Manova) dengan p-value < 0,05. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa p-value dari masing masing kemampuan kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 06:07
Last Modified: 19 Apr 2021 06:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item