EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI ARE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WITI, NOVRIDAYANI (2021) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI ARE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP WITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Interaksi sosial merupakan hubungan individu dalam berperilaku dengan individu lain, dimana adanya aksi dan reaksi individu yang saling timbal balik yang mampu mempengaruhi perilaku individu tersebut. Bimbingan kelompok adalah salah satu cara memberikan bantuan kepada peserta didik melalui kegiatan kelompok. Assertive training adalah suatu teknik yang digunakan untuk membantu peserta didik mengungkapkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan dengan menyatakan pendapatnya dan tetap menghargai orang lain agar dapat beinterasi sosial yang baik dengan orang lain, tehnik ini sangat efektif jika dipakai untuk mengatasi masalah-masalah percaya diri, pengungkapan diri, atau ketegasan diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desaign. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Penelitian ini berfokus pada keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Berdasarkan analisis data hasil uji hipotesis melalui program aplikasi SPSS 21 menunjukkan bahwa, hasil keterampilan interaksi sosial peserta didik diperoleh dengan nilai signifikansi (0.000 < 0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa, perolehan nilai signifikansi (0.000) < batas kritis yang sudah ditetapkan (0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik assertive training dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial peserta didik di kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungai Are.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:55
Last Modified: 19 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13813

Actions (login required)

View Item View Item