PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPA MUSOLLAH NURUL YAQIN TELUK BETUNG

Ahadiyati, Hanun (2021) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPA MUSOLLAH NURUL YAQIN TELUK BETUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1.2 DAPUS Ahadiyati Hanun.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Ahadiyati Hanun.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Metode pembelajaran berfungsi sebagai cara dalam menyajikan, menguraikan, memberi contoh isi pembelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Allah SWT memudahkan al- qur’an yakni untuk dibaca, dihafal, dipahami dan untuk direnungi. Allah SWT telah memudahkan lafads nya untuk dibaca dan dihafal, maknanya harus dipahami dan diketahui. Hal ini karena al-qur’an adalah sebaik-baik perkataan, paling benar maknanya dan yang paling jelas keterangannya. Solusi yang tepat adalah dengan memberikan pengajaran al-qur’an mulai sejak dini atau masa anak-anak untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran tersebut dan diperlukan metode yan tepat dan efektif. Karena keberhasilan suatu program terutama pengajaran dalam proses belajar mengjar tidak terlepas dari metode. Dengan mengunakan metode yanbu’a dengan tujuan memberikan kemudahan bagi santri untuk dapat belajar membaca dan menghafal al-qur’an dengan baik, mudah dan menyenangkan Penerapan metode yanbu’a dalam membaca dan menghapal al-qur’an di TPA Nurul Yaqin Teluk Betung, Metode yanbu’a adalah metode thoriqoh untuk mempelajari baca dan menulis serta menghafal al-qur’an dengan cepat, mudah, dan benar bagi anak maupun orang dewasa, yang dirancang dengan rosm utsmany menggunakan tanda- tanda dan wakof yang ada di dalam al-qur’an utsmany yang dipakai dinegara-negara arab dan islam. Di TPA Nurul Yaqin menerapkan metode yanbu’a dalam membaca dan menghafal al-qur’an proses dalam pembelajaran metode yanbu’a yaitu dari bimbingan mengajar yanbu’a pemula sampai juz 7.proses pembelajaran al-qur’an dengan menerapkan metode yanbu’a menjadi lebih efektif dan menghasilkan output yang lebih baik.metode yanbu’a merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan berupa materi yang tersusun sistematis sebagai pengantar dalam pembelajaran membaca al-qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research) ialah penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Penelitian ini bersifat deskriftif,merupakan penelitian yang berusaha semaksimal mungkin menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian ini pada umumnya dilakukan dengan tujuannya yaitu menggambarkan secara iiisistematisfakta dan kareakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat dan akurat berdasarkan fakta yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode yanbu’a berdampak positif bagi anak-anak dalam membaca dan menghafal al-qur’an di TPA Nurul Yaqin.karena metode yanbu’a mempunyai kelebihan dalam membelajarkan al-qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kata kunci: Penerapan metode yanbu’a, membaca dan menghafal al-qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:47
Last Modified: 19 Apr 2021 05:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13811

Actions (login required)

View Item View Item