KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 01 GEDUNG RATU KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

ANNISYA, AL KADIA (2021) KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 01 GEDUNG RATU KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISYA ALKADIA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 01 GEDUNG RATU KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT Oleh : ANNISYA AL KADIA Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki kepemimpinan guru dan siswa, di ruang lingkup pendidikan sekolah, kepeimpinan tersebut mengelola dan mengatur bawahannya agar kegiatan perencanaan di sekolah atau kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama penelitian di analisis dengan langkah langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi triangulasi dilakukan dengan 4 cara yaitu: triangulasi sumber data, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi teori. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut : yang pertama, Kepemimpinan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, kepemimpinan pendidikan itu adalah segenap kegiatan dalam usaha mempengaruhi orang lain yang ada dilingkungan pendidikan pada situasi tertentu agar orang lain melalui kerjasama mau bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan ikhlas demi tercapainya tujuan tujuan pendidikan yang telah di tetapkan. Yang kedua, Kemampuan Ketrampilan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, ketrampilan mengajar yang dimiliki oleh seorang guru diharapkan dapat membuat siswa bersemangat untuk belajar dan memperhatikan penjelasan guru, serta dapat ikut dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang dicapai dari proses pembelajaran dapat memuaskan guru dan siswa. Yang ketiga, Kegiatan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, seorang guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa maka diperlukan wawasan ―membimbing siswa agar memahami‖ untuk meningkatkan prestasi belajar siswa guru harus berusaha dengan berbagai cara membangkitkan motivasi siswa yaitu menciptkan persaingan, membuat tujuan sementara atau target, memberikan kesematan untuk berhasil, peragaan dalam pengajaran seperti alat peraga dalam pengajaran, membuat tujuan sementara atau target, memberikan kesematan untuk berhasil, peragaan dalam pengajaran seperti alat peraga dalam pengajaran, dan melibatkan siswa secara aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:37
Last Modified: 19 Apr 2021 05:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13809

Actions (login required)

View Item View Item