KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs PELITA GEDONG TATAAN

Fatia, Khairunnisa (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs PELITA GEDONG TATAAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FATIA KHAIRUNNISA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs PELITA GEDONG TATAAN Oleh: FATIA KHAIRUNNISA NPM: 1711030097 Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberhasilan kepala madrasah dalam memimpin lembaga pendidikannya, dengan hal ini peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahuai bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Pelita Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Kepala madrasah merupakan jabatan tertinggi di madrasah, dengan demikian dapat berperan dalam meningkatkan kinerja guru. Kepemimpinan kepala madrasah juga merupakansalah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan vis, misi, tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana. Kinerja guru merupakan hasil kerja guru yang dapat dicapai oleh seorang guru dilembaga pendidikan atau madrasah dengan tugas serta tanggung jawabnya.Penelitian yang dilakukan ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan alat pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi.Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan juga tenaga pendidik. Dari hasil penelitian bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sudah terlaksana, hal ini terlihat dari 5 indikator yang ada dan sudah terlaksana.Indikator yang sudah terlaksana ialah; 1) kepala madrasah dalam memberikan motivasi, sudah terlaksana dengan kepala madrasah dalam memberikan motivasi biasanya dengan mengadakan pertemuan lalu memberikan pengarahan kepada guru untuk meningkatkan pembelajaran dan memberikan pujian kepada guru yang berprestasi. 2) kepala madrasah dalam memberikan penghargaan, sudah terlaksana dengan kepala madrasah memberikan piagam pengharagaam atau reward kepada guru yang berprestasi dan juga memberikan uang pembinaan sejumlah 500ribu. 3) dari segi pemberian pelatihan kepala madrasah mengirimkan guru dalam pelatihan maupun workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru, selain itu diadakan pelatihan guru di madrasah yang diadakan 6 bulan sekali. 4) kepala madrasah dalam memberikan konsultasi, sudah terlaksana dengan kepala madrasah mendengarkan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh guru sehingga kepala madrasah dapat memeberikan solusi untuk dapat mengatasinya. 5) kepala madrasah melaksanakan supervisi akademikyakni dengan melakukan kunjungan kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung hal ini dilakukan kepala madrasah untuk mengetahui keefektivan proses belajar megajar.Dengan demikian bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sangat berperan penting terhadap kemajuan kulitas pembeljaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan yang lebih baik. Kata kunci: kepala madrasah, kinerja guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:33
Last Modified: 19 Apr 2021 05:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13808

Actions (login required)

View Item View Item