PENGARUH MODEL INTEGRATING SOCIETY, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND COLLABORATIVE MIND MAPPING (ISSETCM2) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES

EVA, SUSMITA (2021) PENGARUH MODEL INTEGRATING SOCIETY, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND COLLABORATIVE MIND MAPPING (ISSETCM2) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  FULL EVA SUSMITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Integrating Society, Science, Environment, Technology and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) dan Multiple Intelligences terhadap penalaran matematis peserta didik, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VIII MTs N 1 Mesuji. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasy eksperimental dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs N 1 Mesuji. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran (ISSETCM2) dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelas. Pengambilan data yang digunakan adalah tes penalaran matematis dan angket Multiple Intelligences. Uji analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil sehingga ditolak, sehingga diterima dan sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran (ISSETCM2) terhadap penalaran matematis, (2) Tidak terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki Multiple Intelligences (verbal-linguistik, logis-matematik, visual-spasial dan naturalistik) terhadap penalaran matematis, (3) Tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran (ISSETCM2) dan Multiple Intelligences peserta didik terhadap hasil penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci: Integrating Society, Science, Environment, Technology and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2), Multiple Intelligences dan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:35
Last Modified: 19 Apr 2021 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item