TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK BARTER DAGING SAPI DENGAN PADI PEMBAYARAN TEMPO (Studi Kasus Di Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu )

Money, Sugesti (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK BARTER DAGING SAPI DENGAN PADI PEMBAYARAN TEMPO (Studi Kasus Di Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MONEY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Barter atau pertukaran merupakan sebuah kegiatan dagang yang melakukan transaksi antara penjual dan pembeli dengan cara menukarkan suatu barang dengan barang lainnya. Pertukaran sebenarnya sudah jarang digunakan, namun terjadi di Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Transaksi yang dilakukan tersebut ialah penjual daging mengizinkan pembelian daging dengan pembayaran tempo namun dengan barang yang memiliki nominal lebih besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik barter daging sapi dengan padi pembayaran tempo di Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik barter tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik barter daging sapi dengan padi pembayaran tempo di Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik barter daging sapi dengan padi tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reserch), yang bersifat deskriptif kualitatif dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada pihak yang melakukan barter dan data sekunder dari buku yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli yang berhubungan dengan praktik barter. Setelah data terkumpul maka melakukan analisa dengan melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode cara berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, praktik barter daging sapi dengan padi pembayaran tempo di Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu, dilakukan dengan musyawarah terlebih dahulu bahwa pihak petani ingin membeli daging dengan pembayaran tempo. Namun pihak penjual memberikan syarat hanya boleh membeli sebesar 2 kg tulang dan 2.5 kg daging sapi. Harga daging 1 kg Rp. 120.000,- dan tulang 1 kg Rp. 50.000 dengan total harga menjadi Rp 400.000,- dan pembeli harus membayar menggunakan padi hasil panen sebesar 1 kwintal dengan pembayaran tempo 4 bulan yaitu pada saat panen padi tiba sedangkan harga padi ketika panen raya sebesar Rp 500.000/kwintal. Sehingga jumlah keseluruhan lebih besar dari jumlah harga asli daging. Tinjauan hukum Islam pada praktik barter daging sapi dengan padi pembayaran tempo tersebut tidak sesuai dengan syarat sah pertukaran dalam Islam. Meskipun pihak penjual daging memberikan kemudahan dalam transaksi pertukaran tersebut akan tetapi penambahan harga pada transaksi barter dengan objek yang dipertukarkan berbeda jenis dan jauh lebih besar dari harga tunainya karena perbedaan waktu dalam penyerahan barang termasuk dalam unsur riba an�nasiah. Dalam hal ini membuat transaksi tersebut tidak diperbolehkan karena dapat merugikan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:15
Last Modified: 19 Apr 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13803

Actions (login required)

View Item View Item