TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN UPAH TAMBAHAN PEMASANGAN WIFI INDIHOME (Studi di Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung)

MUHAMMAD, KHOIRUL IQBAL (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN UPAH TAMBAHAN PEMASANGAN WIFI INDIHOME (Studi di Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M.KHOIRIUL IQBAL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Upah-mengupah adalah bentuk tolong-menolong antara sesama umat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yakni dengan cara memanfaatkan tenaga orang lain dengan jalan memberikan imbalan menurut syarat tertentu. Pihak indihome mempunyai kebijakan dan aturan yang telah dibuat atau disebut juga Syarat dan Ketentuan indihome. Dalam pemasangan wifi indihome bentuk pembayaran upah telah ditentukan oleh pihak indihome dan merupakan kebijakan dari pihak indihome, costumer wifi indihome membayar biaya administrasi dan costumer dikenakan biaya pasang baru diawal pembayaran setelah registrasi, kemudian bagi costumer yang sudah melakukan registrasi dan sudah membayar biaya administrasi, petugas teknisi indihome akan menginstalasinya. Setelah menginstalasi wifi indihome, petugas teknisi meminta biaya tambahan costumer, yang biaya tersebut sudah dibayarkan diawal dan ini tidak sesuai dengan kesepakatan, sehingga costumer indihome melakukan pembayaran upah tambahan yang diminta petugas teknisi indihome. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiamana praktik pembayaran upah tambahan pemasangan layanan wifi indihome di Kelurahan Susunan Baru Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik pembayaran upah tambahan pemasangan layanan wifi indihome di Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Penelitian kualitatif ialah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan akan ditinjau dengan Hukum Islam serta proses dan makna yang akan ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah biaya pemasangan baru wifi indihome yang sudah ada syarat dan ketentuanya Dengan adanya praktik pembayaran upah tambahan yang diminta oleh petugas teknisi di Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung hal ini tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ber- laku dari indihome. Sedangkan Tinjauan Hukum Islam terhadap pembayaran upah tambahan pemasangan wifi indihome di Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang, Bandar Lampung upah tambahan tersebut dilakukan oleh petugas teknisi indihome terhadap costumer hal tersebut tidak diperbolehkan, praktik pembayaran upah tambahan yang terjadi mengandung unsur ketidakjelasan serta tidak sesuai dengan rukun dan syarat dalam akad ijarah , dan menyebabkan unsur gharar yang dalam Islam dilarang keberadaanya karena mudhoratnya lebih besar dirasakan oleh pihak costumer wifi indihome.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Apr 2021 04:27
Last Modified: 16 Apr 2021 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item