UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG

ANGGRAINI, SETIANINGRUM (2021) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGRAINI SETIANINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Objek yaitu lembaga pendidikan kepala dalam utama madrasah, karena peran kepala madrasah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan di madrasah. Ia mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan madrasah yang dipimpinnya, supervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para pendidik dan pegawai lainnya untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik di MIN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, objek penelitian di MIN 4 Bandar Lampung, pada tahap ini penulis melakukan pengelolahan dan analisis data, dan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan kepala madrasah, dan pendidik untuk mendapatkan informasi lengkap dan akurat dan dianalisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan, Upaya kepala meningkatkan kinerja dalam melalui supervisi madrasah guru akademik di MIN 4 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik pada penerapan ini sesuai dengan indikator dari teori Imam Musbikin. Pertama Melakukan pembinaan terhadap kinerja guru tiap tahunnya dilakukan dua kali dalam setahun melalui pelatihan dan seminar sesuai dengan mata pelajaran dengan dilakukannya webinar dan semua guru diikutsertakan. Kedua Melakukan pengawasan (supervisi) terhadapat kinerja guru melalui wawancara, observasi, dan memantau langsung ke kelas saat guru sedang mengajar. Kepala madrasah selalu memberikan motivasi kepada guru saat rapat rutin, dan memberikan dorongan-dorongan serta saran-saran untuk membangkitkan semangat guru. Dan terakhir mengadakan evaluasi terhadapat proses dan hasil kerja (kinerja) guru oleh kepala madrasah selalu mengarahkan guru untuk mempersiapkan silabus, rpp, bahan ajar dan memberi tugas. Kata kunci : Kepala Madrasah Sebagai Supervisor, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Apr 2021 04:19
Last Modified: 16 Apr 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item