INTEGRITAS KEPALA DESA DALAM MENGELOLA DANA DESA (Studi Pada Desa Pendowo Asri, Kecamatan Dente Teladas, KabupatenTulang Bawang)

IFFAH, DZAKIYAH (2021) INTEGRITAS KEPALA DESA DALAM MENGELOLA DANA DESA (Studi Pada Desa Pendowo Asri, Kecamatan Dente Teladas, KabupatenTulang Bawang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKIRPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI IFFAH DZAKIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK INTEGRITAS KEPALA DESA DALAM MENGELOLA DANA DESA (Studi Pada Desa Pendowo Asri, Kecamatan Dente Teladas, KabupatenTulang Bawang) Oleh IFFAH DZAKIYAH Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang didalamnya membahas dana desa sebagai upaya untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat yang implementasi nya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sebagaimana yang terjadi dalam integritas kepala desa dalam mengelola dana desa di Desa Pendowo Asri kecamatan Dente Teladas kabupaten Tulang Bawang. Dalam realita nya masih ada pelaksanaan bidang- bidang penggunaan anggaran dana desa di desa Pendowo Asri tidak berjalan secara optimal dan adanya kesenjangan terkait dengan keterbukaan, karena dalam hal tersebut masih ada masyarakat yang belum mengetahui bagaimana sistematika penggunaan anggaran dana desa yang dikelola oleh aparatur desa setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwujudan integritas kepala desa, bidang-bidang yang dituangkan serta konsistensi program pelaksanaan pengelolaan dana desa. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan proses pengumpulan data melalui dokumen berupa data observasi, waawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan teknik verifikasi. Pada proses penelitian ini peneliti menggunakan teori Hendrajatno dan Budi Rahardja mengenai perwujudan nilai integritas. Hasil dari penelitian ini yaitu sosok kepala desa dalam mengelola dana desa tidak memenuhi perwujudan integritas. Kriteria yang tidak terpenuhi tersebut yaitu pada aspek kejujuran dari kepala desa itu sendiri karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana mekanisme penggunaan anggara pengelolaan dana desa secara keseluruhan, bidang-bidang yang ditersalurkan dalam penggunaan anggaran dana desa itu berupa pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, sikap kesesuaian program yang diberikan kepala desa sudah sesuai berdasarkan peraturan desa Pendowo Asri Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) Tahun 2017-2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:16
Last Modified: 15 Apr 2021 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13780

Actions (login required)

View Item View Item