PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PELAJARAN FIQIH DI SD IT AR- RAHMAN JATI AGUNG

DEWI, WASI’AH. BA (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PELAJARAN FIQIH DI SD IT AR- RAHMAN JATI AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab I-II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi dari adanya aktivitas dan minat belajar yang masih termasuk rendah dalam pembelajaran dan juga dikarenakan masih minimnya penggunaan media yang menarik peserta didik untuk kondusif dan tertarik dalam proses pembelajaran, dalam penerapannya media audio visualpun masih memerlukan adanya sarana dan praarana yang menunjang, sedangkan disekolah masih belum terdapatnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran seperti guns menerapkan media audio visual. Media audio visual merupakan salah satu dari banyaknya media pembelajaran, media audio visual yaitu media yang memberikan pengajaran melalui indra penglihatan dan indra pendengaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap aktivitas dan minat belajar peserta didik pada pelajaran fiqih di kelas IV SD IT Ar-Rahman Jati Agung. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Metode pada penelitian ini menggunakan True Experimental Design. Sampel dari penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas Khadijah binti Khuwailid sebagai eksperimen dan kelas Utsman bin Affan sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan media audio visual sedangkan pada kelas kontrol hanya menggunakan media visual. Hasil uji normalitas menentukan bahwa data yang dipperoleh berdistribusi normal, dan dari uji homogenitas dari data yang diujikan adalah bersifat sama atau homogen. Dan hasil data dari uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji tersebut diperolehlah nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 dari dasar pengambilan keputusan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan atau pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas IV pada pelajaran fiqih. Begitupula hasil dari angket minat belajar diperolehlah nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan atau pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas IV pada pelajaran fiqih Penelitian ini menarik kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh atau perbedaan dalam aktivitas dan minat belajar ketika menggunakan media audio visual dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar peserta didik maka akan dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar. Kata Kunci: Media Audi Visual, Aktivitas Belajar dan Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 06:37
Last Modified: 15 Apr 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

View Item View Item