EKSPERIMENTASI E-LEARNING PADA MATA KULIAH ILMU FALAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS TRIGONOMETRI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AL- AHWAL AL-SYAKHSHIYAH (HUKUM KELUARGA ISLAM) UIN RADEN INTAN LAMPUNG

YUSTIKA, FATIMATUZ ZAHRA (2021) EKSPERIMENTASI E-LEARNING PADA MATA KULIAH ILMU FALAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS TRIGONOMETRI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AL- AHWAL AL-SYAKHSHIYAH (HUKUM KELUARGA ISLAM) UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis dalam sebuah pemelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan mahasiswa sebagai bekal dalam menyelesaikan sebuah permasalahan matematika. Berdasarkan hasil UAS mahasiswa Al-Ahwal Al-Syakhshiyah UIN Raden Intan Lampung menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan berpikir mahasiswa. Mahasiswa yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai > 75) sebanyak 49 dari 182 mahasiswa. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Peneliti akan menggunakan model pembelajaran e- learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (e-learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh model pembelajaran (e-learning) terhadap kemampuan berpikir kritis, dan pengaruh model pembelajaran (e-learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis. Peneliti menggunakan jenispenelitian Quasy Esperimental Design dengan menggunakan pretest dan postest. Sampel dalampenelitian iniadalahmahasiswa semester tiga Al-Ahwal Al-Syakhshiyah UIN Raden Intan Lampung kelas A dan kelas B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknis analsis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0.5 dan memperolehkesimpulan (1) terdapat pengaruh e- learning untuk meningkatkan pemahaman konsep, (2) terdapat pengaruh e- learning untuk meningkatkan berpikir kritis, dan (3) terdapat pengaruh e-learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis. Kata Kunci : E-Learning, Ilmu Falak, Kemampuan Pemahaman Konsep, KemampuanBerpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:39
Last Modified: 15 Apr 2021 05:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item