PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Dyah, Ayu Santika Putri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi dyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR Oleh Dyah Ayu Santika Putri NPM: 1511050227 Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu indikator penting untuk mempelajari matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah matematika secara terstruktur melalui beberapa tahapan. Penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 3 Tulang Bawang Tengah. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 3 Tulanng Bawang Tengah masih rendah. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pangaruh model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 3. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Tengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Materi yang digunakan dalam peelitian ini adalah Aritmatika Sosial. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes motivasi belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis dengan taraf signifikan 5 % dapat diperoleh Fhitung = 18,477 > Ftabel = 4,020 sehingga H0A ditolak, Fhitung = 38,238 > Ftabel = 3,168 sehingga H0B ditolak, Fhitung = 0,040 > Ftabel = 3,168 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Gallery Walk dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar yang tinggi, sedang dan rendah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Gallery Walk, Motivasi Belajar dan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:35
Last Modified: 15 Apr 2021 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item