PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII

BENI, SUSILO (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BENI SUSILO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII Oleh BENI SUSILO Penguasaan konsep dalam pelajaran IPA terutama Biologi yang masih rendah serta Motivasi belajar yang menurun merupakan latar belakang terlaksananya penelitian ini. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Bandar Lampung pada peserta didik kelas VIII bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Novick dengan pendekatan Konstruktivisme terhadap peningkatan Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes (Pretest dan Posttest), angket, dan Dokumentasi. Analisis uji hipotesis pada penelitian ini dengan Uji Multivariate (Manova) dengan taraf sig α = 0.05. Sesuai Uji Multivariate (Manova) hasil penelitian data memperoleh nilai Sig. 0,041 yang berarti H1 diterima, hal ini diartikan model Novick dengan pendekatan Konstruktivisme berpengaruh terhadap terhadap Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar. Selanjutnya pada uji data penelitian menggunakan Uji Test Between Subjects Effects memperoleh nilai Sig. 0.029 pada Penguasaan Konsep dan 0.039 untuk Motivasi Belajar yang semua data < 0.05 menandakan dengan H1 diterima, artinya model Novick dengan pendekatan Konstruktivisme dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar peserta didik kelas VIII pada pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Bandar Lampung Kata Kunci: Model pembelajaran Novick, Pendekatan Konstruktivisme, Penguasaan Konsep, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:24
Last Modified: 15 Apr 2021 05:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item