EFEKTIVITAS ANTI DIABETES EKSTRAK ETANOL RIMPANG PACING (Costus speciosus) TERHADAP TINGKAH LAKU SEKSUAL MENCIT JANTAN (Mus musculus) YANG DIINDUKSI ALOKSAN

SRI, MUGI WULANSARI (2021) EFEKTIVITAS ANTI DIABETES EKSTRAK ETANOL RIMPANG PACING (Costus speciosus) TERHADAP TINGKAH LAKU SEKSUAL MENCIT JANTAN (Mus musculus) YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Sri Mugi Wulansari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS ANTI DIABETES EKSTRAK ETANOL RIMPANG PACING (Costus speciosus) TERHADAP TINGKAH LAKU SEKSUAL MENCIT JANTAN (Mus musculus) YANG DIINDUKSI ALOKSAN Oleh Sri Mugi Wulansari Diabetes mellitus merupakan penyakit kronik yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa darah atau hiperglikemia akibat gangguan sekresi insulin. Diabetes mellitus dapat menyebabkan gangguan fungsi seksual normal pada pria termasuk kelainan fungsi orgasme/ejakulasi dan keinginan/libido. Rimpang pada tanaman pacing (Costus speciosus) mengandung senyawa kimia diosgenin, tigogenin, saponin, keton alifatik hidroksil, triterpen, lendir pati, Oxa�asam, asam lemak, asam absisik, kortikosteroid, flavonoid, steroid, tanin, dan fenolik yang dapat digunakan sebagai antidiabetes dan dapat meningkatkan gairah seksual. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui efektivitas anti diabetes ekstrak etanol rimpang pacing (Costus speciosus) terhadap tingkah laku seksual mencit jantan (Mus musculus) yang diinduksi aloksan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 kelompok perlakuan dengan masing- masing 5 ulangan. Kelompok KI (tidak diberi perlakuan apapun), kelompok KII (diberi aloksan, tanpa diberi perlakuan), kelompok KIII (tanpa diberi aloksan tetapi diberi perlakuan), kelompok PI (diberi aloksan dan ekstrak etanol rimpang pacing dengan dosis 20 mg/30 gram BB/hari), kelompok PII (diberi aloksan dan ekstrak etanol rimpang pacing dengan dosis 30 mg/30 gram BB/hari). Aloksan diberikan satu kali dan ekstrak rimpang pacing diberikan setiap hari selama 14 hari. Parameter yang diamati adalah berat badan mencit, kadar glukosa darah, tingkah laku seksual mencit (jumlah pendekatan, jumlah penunggangan, dan jumlah kawin). Data hasil pengamatan dianalisis dengan One-way ANOVA dan dilanjutkan LSD pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol rimpang pacing (Costus speciosus) dapat menurunan kadar glukosa darah mencit yang diabetes dan juga dapat meningkatkan tingkah laku seksual mencit jantan yang diabetes (p˂0,05). Kata Kunci : Diabetes, Mencit (Mus musculus), Tanaman Pacing (Costus speciosus), Tingkah Laku Seksual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:10
Last Modified: 14 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item