ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS UNTUK PAUD USIA 5-6 TAHUN

ULFATUL, KHOIRIYAH (2021) ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS UNTUK PAUD USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ULFATUL KHOIRIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mengenalkan budaya pada anak sejak dini sangatlah penting. Hal ini bertujuan dengan mengenalkan budaya bangsa akan mendorong anak untuk tidak mudah terpengaruh oleh segala hal yang bisa memecah belah bangsanya. Cara memperkenalkan kepada anak usia dini mengenai negara Indonesia termasuk beragam macam kebudayaan daerahnya, bisa mengenalkan lewat buku, cerita, permainan tradisional, kuliner, atau ajak anak berkunjung ke tempat-tempat bernilai sejarah seperti museum, candi, dan lainnya. Dalam dunia pendidikan, cara yang digunakan dalam memperkenalkan mengenai negara Indonesia beserta beragam macam kebudayaan daerahnya dapat dilakukan melalui proses belajar�mengajar dengan menggunakan media buku teks atau buku pelajaran. Ada beragam pilihan buku teks yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, seperti buku dari penerbit Risky Cahya Sejahtera, penerbit Erlangga, penerbit Intan Pariwara, dan lain sebagainya. Tetapi pada kesempatan kali ini, peneliti menganalisis lebih dalam lagi mengenai kelayakan buku teks untuk PAUD usia 5- 6 tahun tema “Negaraku” terbitan Intan Pariwara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan buku teks untuk PAUD usia 5-6 tahun tema “Negaraku” terbitan Intan Pariwara berdasarkan 9 kriteria buku teks yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Librari Research (penelitian keperpustakaan), yaitu penelitian yang membatasi penelitiannya hanya pada bahan-bahan kepustakaan tanpa melalui riset lapangan. Subjek penelitian ini adalah buku teks tema “Negaraku” terbitan Intan Pariwara dan objek penelitian ini adalah analisis kelayakan buku teks. Prosedur pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah editing, organizing, dan finding, sedangkan analisis datanya menggunakan prosedur deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku teks tema “Negaraku” terbitan Intan Pariwara dapat dikatakan layak menjadi buku teks yang baik sesuai dengan 9 kategori buku teks yang baik. Hanya ada satu kelemahan dari buku teks tersebut ialah isi materi buku teks tema “Negaraku” terbitan Intan Pariwara lebih banyak warna hitam putih dibandingkan berwana, sehingga dapat memengaruhi ketertarikan anak dalam kegiatan belajar-mengajar dan juga akan mempengaruhi aktivitas belajar anak dalam menyelesaikan latihan/tugas yang dari buku tersebut. Hal ini dikarenakan dengan gambar yang tak berwarna memberikan kesempatan anak untuk melakukan kegiatan mewarnai walaupun petunjuk kegiatan tidak mengarahkan untuk melakukan kegiatan mewarnai. Kata Kunci : Buku Teks, Kelayakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:06
Last Modified: 14 Apr 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13742

Actions (login required)

View Item View Item