KONSEP PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS MENURUT PEMIKIRAN DADANG HAWARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

DWI, WULAN SARI (2021) KONSEP PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS MENURUT PEMIKIRAN DADANG HAWARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1.2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FUL DWI WULAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak ditemukannya pertama kali di Bali pada tahun 1987, jumlah kasus HIV dan AIDS di Indonesia terus mengalami peningkatan. HIV dan AIDS termasuk kategori penyakit infeksi menular seksual yang paling mengerikan. Banyak penduduk dunia dibuat bingung dan putus asa dalam menghadapi serangan penyakit yang mendapat peringkat the big five penyakit paling mematikan di dunia. Salah satu penyebab penyakit ini adalah hubungan seksual yang berbahaya (zina). Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka atau (library research). Penelitian pustaka (library research) adalah penelitian yang menggunakan metode untuk memperoleh informasi data dengan menempatkan fasilitas yang ada di perpustakaan (seperti buku, majalah, dokumen, catatan cerita sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini historis-filosofis. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis isi (Content Analysis). Konsep penanggulangan HIV dan AIDS menurut Dadang Hawari dapat disimpulkan bahwa seorang pengidap HIV dan AIDS membutuhkan penanganan metode terapi dengan pendekatan bio-psiko-sosio-spiritual. Agama selalu berperan dalam semua aspek kehidupan termasuk seperti masalah moral. Pendidikan dianggap aspek paling strategis dalam menyampaikan konsep HIV dan AIDS. Dapat kita lihat bagaimana suatu lembaga pendidikan beserta komponennya mampu melaksanakan pembelajaran yang responsif melalui pendekatan materi yang tertera. Pada aspek materi, terdapat beberapa materi dalam pendidikan Islam yang memiliki korelasi dengan konsep penanggulanngan HIV dan AIDS seperti: Tauhid, Akhlak, Al-Qur‟an Hadist dan Fiqih. Aspek metode, terdapat metode dalam pendidikan Islam yang dapat digunakan dalam penerapan teori BPSS seperti: metode Terapi minat, latihan dan pengamalan, diskusi, outbond, Ibrah. aspek tujuan, tujuan pendidikan Islam memilki relevansi dengan konsep penanggulanngan HIV dan AIDS yaitu sama-sama ingin Terbentuk kesadaran untuk senantiasa menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya mewujudkan Khoirunnas Anfauhum Linnas. Kata Kunci : HIV dan AIDS, Relevansi, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:07
Last Modified: 13 Apr 2021 05:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item