ANALISIS KANDUNGAN N, P, K PADA KOMBINASI PUPUK CAIR LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus) DAN KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca)

AINA, PRAMESTI FIRDARINI (2021) ANALISIS KANDUNGAN N, P, K PADA KOMBINASI PUPUK CAIR LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus) DAN KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Limbah kulit buah nanas (LKN) dan limbah kulit buah pisang kepok (LKP) dapat menyebabkan pencemaran pada lingkungan apabila tidak ditanggulangi dengan baik. Ketika semakin banyak masyarakat yang mengola buah nanas dan buah pisang kepok sebagai olahan makanan atau minuman, maka semakin banyak pula limbah yang dihasilkan. Oleh karena itu, diperlukannya solusi untuk dapat menanggulangi limbah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memanfaatkannya menjadi pupuk organik cair sebagai sumber N (Nitrogen), P (Fosfor), K (Kalium) bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kandungan N, P, K yang dapat dihasilkan oleh limbah kulit nanas dan limbah kulit pisang kepok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kjehdahl untuk analisis hara N dan spektrofotometer untuk analisis hara P dan K. Selanjutnya data yang didapat dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukkan bahwa N dan P terbanyak terdapat pada sampel S4 yaitu kombinasi 60% LKN + 40 % LKP + EM4 dengan hasil 0,25% dan 0,07% serta K terbanyak terdapat pada sampel S2 yaitu kombinasi sampel dengan 30% LKN + 70 % LKP + EM4 dengan hasil 2,79%. Kata Kunci : EM4, fermentasi, limbah kulit buah nanas (Ananas comosus), limbah kulit buah pisang kepok (Musa paradisiaca), metode Kjehdahl

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:00
Last Modified: 13 Apr 2021 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item