IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

Gadis, Nabilah (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI GADIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG Oleh: Gadis Nabilah Email : gadisnabilahh@gmail.com JURUSAN PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG Abstrak Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesbilitas, konektivitas, fleksibelitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi. Dalam pembelajaran daring mampu mempertemukan peserta didik dengan pendidik melalui bantuan dari internet. Pada pelaksanaannya pembelajaran daring memerlukan dukungan dari perangkat mobile seperti smartphone, laptop, komputer maupun tablet yang dapat di gunakan untuk mengakses informasi kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran daring menuntut pendidik untuk dapat menyampaikan materi yang dapat menarik hasil belajar dari peserta didik. Sebab penyampaian materi yang tidak menarik dapat membuat peserta didik tidak tertarik dan berminat pada pembelajaran sehingga peserta didik merasa tidak nyaman dan pembelajaran tidak sepenuhnya bisa di tangkap oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dalam implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SD Insan Mandiri, sehingga pembelajaran daring tersebut dapat dipakai dalam waktu yang berkepanjangan seperti pada saat pandemi COVID-19. Dikarenakan hal tersebut, SD Insan Mandiri memilih pembelajaran jarak jauh melalui zoom dan whatsapp group guna memutus mata rantai penyebaran virus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SD Insan Mandiri Bandar lampung yang berjumlah 24 (dua puluh empat) orang. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan pendidik peserta didik. Data ini di analisis denan kualitatif melalui teknik analisis data reduction( reduksi data), data display(penyajian data) dan menarik kesimpulan. Hal tersebut menyatakan bahwasannya dalam implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SD Insan Mandiri sangat efektif digunakan. Kata Kunci : Pembelajaran Daring Berbasis Portofolio, Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:46
Last Modified: 13 Apr 2021 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item