FASHION SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ARTI FAKTUAL DALAM PEMBENTUKKAN IDENTITAS SOSIAL ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)

CUT, ADETYA (2021) FASHION SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ARTI FAKTUAL DALAM PEMBENTUKKAN IDENTITAS SOSIAL ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI CUT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK fashion adalah cara orang-orang berusaha menampilkan individualitas dan cita rasa melalui pemilihan barang-barang dengan cara menunjukkan selera atau cita rasa dari sebuah kelompok tertentu yang mana salah satunya berbentuk pakaian yang mengirimkan pesan kepada khalayak untuk menunjukan sikap dan identitas sosial yang menunjukkan sebuah symbol dari komunikasi artifaktual yang mana merupakan pemberi pesan dari penentu sebuah penampilan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fashion sebagai media komunikasi artifaktual dalam pembentukkan identitas sosial pada mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan angkatan 2017 sebanyak 345 orang, teknik dalam pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling yakni berdasarkan ciri atau sifat tertentu. Oleh karena itu penulis mengambil sample yaitu mahasiswa berjumlah 10 orang. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa fashion sebagai media komunikasi arti faktual dalam pembentukan identitas sosial yakni merupakan salah satu bagian yang penting bagi mahasiswi hal ini tergambar mereka akan memperoleh rasa percaya diri yang amat berharga ketika dia menunjukkan eksistensi dirinya di kalangan teman kampusnya. Sebagai bagian dari nilai aktualisasi dari indentitas sosial diri perempuan menunjukkan fashion merupakan obyek untuk mendapatkan nilai percaya diri tersebut. Berusaha tampil dengan busana-busana yang fashionable untuk membuktikan bahwa ia ada dan eksis dan menunjukkan indikasi dari gaya mereka berbusana, yang dapat dilihat dari: pemilihan jenis busana yang kemudian akan menunjukkan citra dan nilai apa yang mereka inginkan, keberadaan model sebagai panutan, saluran yang mempengaruhi perubahan nilai fashion, serta gaya konsumsi dikalangan para mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Kata kunci: Fashion, Komunikasi arti faktual dan identitas sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:05
Last Modified: 12 Apr 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item