EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

EKA, RATNA SARI (2021) EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP EKA RATNASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada kegiatan pembelajaran terdapat proses pentransferan ilmu dari pendidik dan peserta didik sehingga, dalam proses kegiatan pembelajaran pendidik melakukan suatu pendekatan terhadap peserta didik guna memudahkan pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pra penelitian menyatakan bahwa hasil berpikir kritis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran, pendidik belum menerapkan suatu strategi pembelajaran yang dapat memudahkan pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari keaktifan belajar terhadap berpikir kritis matematis peserta didik. Untuk mengukur keaktifan belajar peserta didik menggunakan tes angket dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis menggunakan tes essay yang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di MTs Gisting Tanggamus tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan Quasy Eksperimen dengan desain posttest only control design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas konvensional dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan di dapatkan: 1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. 2) Terdapat pengaruh keaktifan belajar pada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. 3 )Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Problem Based Learning dengan keaktifan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis yang berarti kemampuan berpikir kritis matematis dengan keaktifan belajar akan tetap sama apabila diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning maupun strategi pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Keaktifan belajar, Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:01
Last Modified: 12 Apr 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item