MANAJEMEN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL OMAH AKAS SYARIAH BANDAR LAMPUNG

PUTRI, GUSTIANIS (2021) MANAJEMEN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL OMAH AKAS SYARIAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI GUSTIANIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, hingga sektor bisnis di bidang perhotelan juga menerapkan prinsip syariah. Alhasil, tidak sedikit hotel yang mulai menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Di Bandar Lampung terdapat Hotel Omah Akas Syariah yang terletak di Jl. P. Antasari No 9B Tj. Baru Kedamaian, Kota Bandar Lampung. Hal yang membedakan Hotel Omah Akas Syariah dengan Hotel lain adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi. Sebagai contoh sederhana, semua karyawan hotel mengenakan busana yang menutup aurat, hotel juga hanya menyediakan makanan dan minuman yang halal serta ketersediaan sarana ibadah di setiap kamar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana manajemen pelayanan di hotel omah akas syariah dalam memberikan kepuasan terhadap konsumen? Metode penelitian tersebut dibahas melalui studi lapangan yang akan meneliti manajemen pelayanan terhadap kepuasan konsumen di hotel omah akas syariah bandar lampung. Adapun permasalahan penelitian meliputi metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menganalisis dengan pendekatan manajemen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan jumlah Populasi yang dimaksud disini adalah karyawan yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 Founder, 1 CO Founder, 3 Officer, dan 3 Konsumen yang telah menginap di Hotel Omah Akas Syariah. Berdasarkan temuan-temuan penelitian: manajemen pelayanan di hotel omah akas syariah yaitu menerapkan fungsi manajemen meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Hotel Omah Akas Syariah menerapkan prinsip pelayanan dengan prinsip tangible, realible, responsiveness, assurance, dan empathy. Cara mengukur kepuasan konsumen yang dilakukan Hotel Omah Akas Syariah dengan system keluhan dan saran serta survey kepuasan konsumen. Adapun kesimpulannya Hotel Omah Akas Syariah menerapkan fungsi manajemen yang baik sehingga dalam memberikan pelayanan bisa secara optimal, sehingga dapat memberikan nilai yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:59
Last Modified: 12 Apr 2021 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item