PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIREJO LAMPUNG TENGAH

MERYANA, FAUZI (2021) PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIREJO LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MERI PIAUD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya perkembangan kognitif peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah yaitu masih menggunakan pembelajaran konvensional dan kurangnya media pembelajaran. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, penulis tertarik menggunakan metode discovery dalam kemampuan mengenal warna. Rumusan masalah “apakah terdapat pengaruh metode discovery terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode discovery terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Dalam desain ini, terdapat dua kelompok yang digunakan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah yang berjumlah 101 peserta didik, sampel yang digunakan kelas A1 dan A2 dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini, dengan menggunakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi serta. Teknik analisis penelitian menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Analisis uji prasyarat yang dilakukan untuk menghitung normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov, perhitungan homogenitas dengan uji lavene statistic pada kedua sampel (kelas A1 dan A2) dan analisis uji hipotesis menggunakan t-test atau uji-t, dengan rumus Independent Samples Test. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25 dengan memilih uji Independent Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,021 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam kemampuan mengenal warna anak melalui metode discovery. Kata Kunci : Metode Discovery, Kemampuan Mengenal Warna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:48
Last Modified: 12 Apr 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

View Item View Item