REKONSTRUKSI ETNIK BALI DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS PASCA KONFLIK ( Studi di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan ) Skripsi

Arya, Bagaskara (2021) REKONSTRUKSI ETNIK BALI DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS PASCA KONFLIK ( Studi di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan ) Skripsi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK REKONSTRUKSI ETNIK BALI DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS PASCA KONFLIK DI DESA BALINURAGA KECAMATAN WAY PANJI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh Arya Bagaskara Penelitian ini menganalisis berbagai upaya yang dilakukan masyarakat Balinuraga guna mentransformasi keadaan yang konfliktual menjadi harmonis pasca terjadinya konflik yang menyebabkan hilangnya identitas kebalian masyarakat balinuraga, serta menjadikan yang destruktif menjadi konstruktif. Selama ini belum ada penelitian yang mengkaji tentang bagaimana upaya yang dilakukan etnik bali guna mempaertahankan identitas mereka pasca terjadinya konflik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan antropologi dan sosiologi dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis kasus, penulis menggunakan beberapa teori, yaitu teori identitas etnik, teori transformasi konflik, teori adaptasi, teori integrasi social dan teori interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa konflik dipicu kenakalan remaja, di perluas dengan isu etnisitas dan arogansi kelompok sebagai akselerator dan upaya transformasi konflik dilakukan dalam empat dimensi, yaitu transformasi personal, relasional, struktural dan kultural demi mewujudkan perdamaian yang berkelanjutan dan keamanan nasional. Penerapan strategi rekonstruksi etnik yang dilakukan oleh masyarakat Balinuraga dirasa cukup efektif guna mengembalikan kembali identitas etnik yang semula cukup mengkhawatirkan pasca terjadinya konflik dengan etnik Lampung di desa Balinuraga, secara garis besar 4 strategi rekonstruksi yang peneliti tuangkan dalam skripsi ini sudah mencakup sebagian besar yang dilakukan oleh masyarakat Balinuraga tersebut. Kata Kunci : Konflik, transformasi konflik, etnik, budaya dan perdamaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:42
Last Modified: 12 Apr 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13706

Actions (login required)

View Item View Item