ANALISIS SHARIA COMPLIANCE PADA MEKANISME PEMBERIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Tanggamus)

FITRI, ASTUTI (2021) ANALISIS SHARIA COMPLIANCE PADA MEKANISME PEMBERIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pemberian pembiayaan murabahah di BPR syariah Tanggamus, kemudian menganalisis kesesuaian antara praktik pembiayaan tersebut dengan fatwa DSN-MUI. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh DPS dalam memenuhi sharia compliance pada pembiayaan murabahah di BPR syariah Tanggamus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan sampel pada penelitian ini yaitu berdasarkan non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer yang diperoleh langsung dari informan yang diwawancarai, sedangkan data sekunder diperoleh melalui berbagai data dari buku, jurnal, situs website resmi bank, serta arsip bank yang diizinkan untuk ditelaah dan dipublikasi. Hasil penelitian menunjukkan mekanisme pemberian pembiayaan murabahah di BPRS Tanggamus diawali dengan pengajuan pembiayaan oleh nasabah, dilanjutkan dengan pemenuhan persyaratan, kemudian bank akan melakukan survei. Setelah survei dan pengajuan pembiayaan diterima oleh bank, maka bank dan nasabah melakukan akad pembiayaan. Setelah terjadinya akad pembiayaan, maka akan timbul hak dan kewajiban dari masing-masing pihak. Dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah di BPR syariah Tanggamus masih terdapat praktik yang belum sesuai dengan fatwa DSN-MUI, yaitu pengikatan akad murabahah dan akad wakalah yang dilakukan dalam satu waktu, sehingga pada saat murabahah terjadi barang objek murabahah belum dimiliki oleh BPRS secara prinsip. Mengenai pengawasan yang dilakukan oleh DPS dalam memenuhi sharia compliance pada pembiayaan murabahah di BPR syariah Tanggamus dilakukan dengan meminta laporan kepada Direksi mengenai pelaksanaan pembiayaan dan memeriksa dokumen beberapa nasabah terkait transaksi pembiayaan yang telah direalisasikan minimal 1 kali dalam 1 bulan sehingga dapat diketahui pemenuhan terhadap prinsip syariah pada pemberian pembiayaan murabahah tersebut. Kata kunci : BPRS, Murabahah, Sharia Compliance, Kepatuhan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:11
Last Modified: 09 Apr 2021 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13698

Actions (login required)

View Item View Item